Minggu, 26 November 2017

IDIK4010 RANGKUMAN KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN modul 3 semester 9


Pemanfaatan Media Display dan Realia dalam Pembelajaran
Di susun oleh :

Defi Selfia Anggraini

824672763


 KB 1
Pemanfaatan Media Displai dan Realia dalam Pembelajaran

Media display adalah media untuk menyampaikan informasi atau pesan secara visual (untuk dilihat/dipajang/dipresentasikan), menarik dan komunikatif (mudah dimengerti). Beberapa contoh media display
Flip Chart
  Flip Chart adalah kumpulan ringkasan, skema, gambar, tabel yang
  dibuka secara berurutan berdasarkan topik materi pembelajaran.
Chart
     Chart adalah gambar grafis yang menginformasikan hubungan-     hubungan    misalnya hubungan kronologis, hubungan  jumlah, hubungan hierarki, dan sebagainya.
Grafik
  Grafik adalah gambar grafis yang menyajikan bentuk visual   dari sejumlah angka.
Poster
  Poster adalah gambar yang bersifat persuasif (menarik perhatian)   dengan cara memadukan gambar,warna, tulisan dan kata kata/kalimat.
Bulletin Board 
 Bulletin Board adalah sebuah bidang datar yang terbuat dari bahan   yang tembus paku payung atau benda tajam lainnya tanpa merusak   permukaannya, berisi berita, pengetahuan, pesan dan sejenisnya   yang sifatnya untuk umum/untuk suatu populasi, bukan untuk   sekelompok orang saja
 A. FUNGSI MEDIA DISPLAY DAN REALIA


Penggunaan media display dan realia seperti gambar, diagram,,dan foto maupun peristiwa / kegiatan tertentu dalam proses pembelajaran dikelas pada dasarnya mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut :
Meningkatkan motivasi belajar
  Contohnya guru menempelkan poster tentang perkalian dan pembagian di dinding untuk memotovasi anak belajar tentang perkalian dan pembagian
Melaksanakan pembelajaran sesuai konteks
  Mengajak siswa untuk mempelajari konsep tertentu berdasarkan benda atau peristiwa sesungguhnya adalah upata untuk mendekatkan siswa dengan kenyataan sehari-hari yang mereka hadapi disekitar mereka.
Menanamkan kebiasaankebiasaan tertentu
  Contohnya guru dapat memperlihatkan sebuah poster siklus air untuk memotivasi siswa menggunakan air secara bijak 
Dekorasi
  Fungsi lain dari poster adalah sebagai dekorasi ruang kelas, yang diletakkan di dinding kelas, berfungsi sebagai penghias ruangan sekaligus juga sebagai
pengingat anak untuk selalu menggunakan air dengan bijak.
B. JENIS MEDIA DISPLAY
 
Papan lembar balik ( flip chart)
Papan bulletin ( bulletin board)
C. PERENCANAAN MEDIA DISPLAY  DAN REALIA
  Langkah langkah dalam memilih, merencanakan mengembangkan media display adalah sebagai berikut :
Menentukan topic yang akan di sajikan
Menentukan tujuan yang akan di capai
Mempertimbangkan siapa yang akan dihadapi
Menentukan rincian materi yang akan disajikan
Menentukan jenis media display yang tepat untuk siswa
Menentukan susunan bentuk peragaan yang akan di tampilkan
D. PEMANFAATAN MEDIA DISPLAY
Conto media display yang akan dipelajari adalah papan tulis.
  Papan tulis adalah media yang paling sederhana dan banyak dipakai 
  dalam proses pembelajaran.
 
Papan pameran / papan peragaan
  Papan pameran dapat dibuat dari papan tulis biasa, papan yang   dilapisi kain flannel atau papan magnetic. Papan tersebut juga dapat   digunakan untuk mengampanyekan sesuatu.
Pemanfaatan poster , gambar, foto, dan diagram
  Media poster , gambar, foto, dan diagram dapat   dimanfaatkan secara maksimal dalam pembelajaran.   Poster dapat digunakan untuk menjelaskan hal-hal yang   lebih bersifat tetap atau lambat berubah, contoh siklus   hidup laron.
  Diagram dapat digunakan pada jenjang kelas yang bervariasi baik   untuk kelas rendah atau kelas tinggi.

 Prinsip- prinsip desain grafis
 
Agar desain yang dibuat menarik, harus mempelajari beberapa prinsip desain pada saat membuat judul, meletakkan gambar, dan tulisan menarik perhatian siswa. 
1.Prinsip kesederhanaan
  prinsip ini mengunakan desain yang sederhana untuk papan buletin yang akan di kembangkan
  Contoh :
2.   Prinsip kesatuan
  prinsip ini menekankan pada keterkaitan objek yang ada dalam suatu desain grafis yang merupakan satu kumpulan obyek yang saling mendukung.
  Contoh : Bersih itu sehat
 KB 2
Pemanfaatan Media Realia Dalam Pembelajaran
 
REALIA adalah Benda nyata (real thing) merupakan alat bantu yang paling mudah penggunaannya, karena kita tidak perlu membuat persiapan selain langsung menggunakannya. Yang dimaksud dengan benda nyata sebagai media adalah alat penyampaian informasi yang berupa benda atau obyek yang sebenarnya atau asli dan tidak mengalami perubahan yang berarti. Dalam bidang pendidikan , kataRealiadiartikan sebagai semua objek dari kehidupan nyata yang dibawa ke dalam situasi pembelajaran. Realia juga merujuk kepada benda tiga dimensi dari kehidupan nyata. Penggunaan realia dalam pembelajaran dimaksudkan untuk membantu siswa agar dapat belajar secara lebih efektif melalui benda asli atau peristiwa dari kehidupan sehari-hari.
  Dari segi pemanfaatan , terdapat 2 jenis pemanfaatan realia dalam pembelajaran
  1. pemanfaatan realia yang sudah tersedia
  maksutnya : kita tinggal memanfaatkan segala bentuk benda atau peristiwa asli yang sudah ada, untuk dirangkai menjadi kegiatan pembelajaran yang bermakna untuk siswa.
  contohnya : guru menyuruh siswa berbelanja di toko sekolah.
  2. pemanfaatan media realia dengan cara mendesain terlebih dahulu
   pemanfaatan  media realia dengan cara mendesain atau membuat terlebih dahulu realia yang dibutuhkan untuk proses belajar siswa.
  Contoh :       dengan belajar dari model , siswa dapat mempelajari sesuatu yang       sulit dipelajari lungsung dalam kehidupan sehari-hari.   
 
Menilai efektivitas pemanfaatan media display dan realia
  Pemanfaatan media display dalam proses pembelajaran juga dapat evaluasi  efektivitasnya. Tujuan evaluasi  ini adalah untuk melihat apakah media yang digunakan membantu proses belajar siswa dan mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dengan mengamati hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran terjadi ada beberapa pokokpokok penting yang perlu diperhatikan yaitu :
1.Seberapa baik pencapaian tujuan pembelajaran setelah pemanfaatan media display dan realia?
2.Apakah siswa merasa bahwa media yang dipakai membantu mereka memahami konsep dengan lebih baik?
3.Apakah pemanfaatan media display lebih condong kepada penggunaan individual ?atau kelompok?
4.Bila tujuan pembelajaran tidak tercapai, segi apa dari pemanfaatan media display dan realia yang harus diperbaiki?
5.Apakah pemanfaatan media didplay ini menyenangkan untuk  siswa menyenangkan untuk guru ?
6.Kesulitan apa yang terjadi dalam pemanfaatan media display?
7.Apakah fasilitas penunjang pemanfaatan media display sudah memadai ?
8.Apakah biaya pemanfaatan media display memadai ?
9.Berapa total biaya yang diperlukan untuk pemanfaatan media display ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar