RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah :
SD NEGERI 3 KEDUNGGEBANG
Kelas / semester : 1V/2
Mata pelajaran :
MATEMATIKA
Alokasi waktu :
1X 35 Menit
A. Standar kompetensi
7. Menggunakan
lambang bilangan romawi
B.
Kompetensi dasar
7.1 Mengenal lambang bilangan romawi
7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan romawi dan sebalik nya
C. INDIKATOR
1. Mengenal bilangan romawi
2. Menuliskan
bilangan romawi
3. Menunjukkan 5
contoh bilangan romawi
D.
Tujuan pmbelajaran
1.
Siswa dapat mengenal bilangan romawi
2.
Siswa dapat membedakan bilangan romawi
3.
Siswa dapat menuliskan bilangan cacah sebagai bilangan romawi
v Karakter siswa yang di harapkan : Teliti,tekun,disiplin,tanggung jawab dan percaya diri
E. Materi pembelajaran
BILANGAN ROMAWI
F. METODE PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan
2. Tanya jawab
3. Memberi tugas
G . Langkah-langkah pembelajaran
NO
|
Kegiatan pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal
Apresiasi / Motivasi
§
Guru
mengucap salam
§
Guru
mengabsen siswa
§
Guru memberi
motovasi kepada siswa
|
5 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
§
Guru
menjelaskan kepada siswa tentang bilangan romawi
§
Guru
memberi contoh angka romawi
§
Guru
menyebutkan angka romawi
§
Siswa
di beri kesempatan untuk bertanya tentang hal
apa saja yang belum di pahami
§
Guru memberi
tugas kepada siswa
|
20 menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
§
Guru
memeriksa jawaban siswa
§
Guru
memberi penilaian
§
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi yang telah di ajarkan
§
Guru menutup
pelajaran dengan mengucap salam
|
10 menit
|
H. Alat dan sumber belajar
1.
Buku MATEMATIKA Kelas IV Pelajaran 5
2.
Alat peraga
I.
PENILAIAN
1.
Esai/uraian
J. Jenis tes
Tes tulis
SOAL
1.
Tentukan bilangan romawi dari
bilangan berikut !
a.
50
b.
17
c.
20
d.
6
e.
5
2.
Ubahlah ke dalam bilangan romawi
a.
10 + 10 – 5 =
b.
15 + 10 – 3 =
c.
26 + 10 – 6 =
3.
Sebutkan dua cara penulisan
bilangan romawi...........
JAWABAN
1.
a.
L
b.
XV11
c.
XX
d.
VI
e.
V
2.A. X + X – V = XV
B. XV + X – III = XXII
C. XXV1 + X – VI = XXX
3. a. Jika angka di sebelah kiri lebih kecil
dari angka yang sebelah kanan berarti lambang bilangan itu di kurangi
b. jika angka di
sebelah kanan kurang dari atau sama
dengan angka yang di sebelah kiri ber arti di jumlah
Kedunggebang, 12 Mei 2015
Praktikan/mahasiswa
Defi selfia anggraini
NIM.
Supervisor/Penguji 2 Supervisor/Penguji
1
HARIYANI,M.Pd Drs.
Khusnun,M.Pd
NIP. NIP.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SD NEGERI 3
KEDUNGGEBANG
SUWARSONO,S.Pd
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah :
SD NEGERI 3 KEDUNGGEBANG
Kelas / semester : 1V/2
Mata pelajaran :
BAHASA INDONESIA
Alokasi waktu :
1X 35 Menit
B. Standar kompetensi
5. Memahami cerita
tentang suatu peristiwa dari cerita pendek anak yang di sampaikan secara lisan
6. Menggungkapkan
pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain brama
7. Memahami teks
dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
8. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk
ringkasan,laporan , dan puisi bebas
B.
Kompetensi dasar
5.2
Mengidentifikasi unsur cerita(alur dan latar)
6.2 Memerankan
tokoh drama dengan lafal,intonasi,dan ekspresi yang tepat
7.1 Membandingkan
isi dua teks yang di baca dengan membaca sekilas
8.1 Meringkas isi
buku yang di pilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.2 Menulis kalimat
majemuk setara dengan konjungsi atau
yang tepat
C. INDIKATOR
1. Menyebutkan alur dalam cerpen
2. Membedakan peran
tokoh drama
3. Membaca teks
drama
D. Tujuan pmbelajaran
1.
Siswa dapat membedakan watak tokoh drama
2.
Siswa dapat menyebutkan alur dalam
cerpen
3.
Siswa dapat membaca teks dengan cepat
v Karakter siswa yang di harapkan : Teliti,tekun,disilin,tanggung
jawab dan
percaya diri
E. Materi pembelajaran
LINGKUNGAN
F. METODE PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan
2. Tanya jawab
3. Memberi tugas
G . Langkah-langkah pembelajaran
NO
|
Kegiatan pembelajaran
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal
Apresiasi / Motivasi
§
Guru
mengucap salam
§
Guru
mengabsen siswa
§
Guru
memberi motovasi kepada siswa
|
5 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
§
Guru menjelaskan
tentang unsur cerita
§
Guru
memberi contoh tentang unsur cerita
§
Guru menyampaikan tentang alur teks cerita
§
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal apa saja yang
belum di pahami
§
Guru
memberi tugas kepada siswa
|
20 menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
§
Guru
memeriksa jawaban siswa
§
Guru
memberi penilaian
§
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi yang telah di ajarkan
§
Guru menutup
pelajaran dengan mengucap salam
|
10 menit
|
H. Alat dan sumber belajar
1.
Buku BAHASA INDONESIA Pelajaran 4
2.
TEKS CERITA
I.
PENILAIAN
1 esai/uraian
J. Jenis tes
Tes tertulis
SOAL
1.
Sebutkan 3 macam latar dalam
cerita ! Berilah contohnya.................
2.
Watak antagonis dalam cerita
memerankan sifat........................
3.
Kalimat tunggal
ialah....................
4.
Sebutkan hal-hal yang harus
dilakukan pemeran tokoh drama yang baiki.........................
JAWABAN
1.
Latar tempat : Contoh nya :
dipasar, jalan, sekolah,taman
Latar waktu : Contoh nya : pada suatu hari, siang hari,
zaman dahulu, malam hari,
Latar suasana : Contoh nya :
senang , sedih, tegang,sepi
2.
Pemarah/ jahat
3.
Kalimat yang terdiri atas dua
kalimat tunggal atau lebih
4.
A. Membaca dialog
b. akting
c. bloking( penugasan
panggung)
Kedunggebang, 12 Mei
2015
Praktikan/mahasiswa
Defi selfia
anggraini
NIM.
Supervisor/Penguji
2 Supervisor/Penguji
1
SUWARSONO,S.Pd MUHYI,S.Pd
Nip. NIP.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SD NEGERI 3 KEDUNGGEBANG
SUWARSONO,S.Pd
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar