Selasa, 28 November 2017

CONTOH RPP KELAS TINGGI UNIVERSITAS TERBUKA




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                   : SD NEGERI 3 KEDUNGGEBANG
Kelas / semester              : 1V/2
Mata pelajaran                 : MATEMATIKA
Alokasi waktu                    : 1X 35 Menit

A.      Standar kompetensi
7. Menggunakan lambang bilangan romawi
       B.  Kompetensi dasar
 7.1 Mengenal lambang bilangan romawi
 7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan romawi dan sebalik nya
      C. INDIKATOR
1.  Mengenal bilangan romawi
2. Menuliskan bilangan romawi
3. Menunjukkan 5 contoh bilangan romawi

       D.  Tujuan pmbelajaran
                1. Siswa dapat mengenal bilangan romawi
                2. Siswa dapat  membedakan  bilangan romawi
                3. Siswa dapat menuliskan bilangan cacah sebagai bilangan romawi
v  Karakter  siswa yang di harapkan : Teliti,tekun,disiplin,tanggung jawab dan percaya diri




E. Materi pembelajaran
        BILANGAN ROMAWI

F. METODE PEMBELAJARAN
        1. Menjelaskan
        2. Tanya jawab
        3. Memberi tugas

G . Langkah-langkah pembelajaran
NO
Kegiatan pembelajaran
Waktu
1
Kegiatan awal
Apresiasi / Motivasi
§  Guru mengucap salam
§  Guru mengabsen siswa
§  Guru memberi motovasi kepada siswa
5 menit
2
Kegiatan Inti
§  Guru menjelaskan kepada siswa tentang bilangan romawi
§  Guru memberi contoh angka romawi
§  Guru menyebutkan angka  romawi
§  Siswa di beri kesempatan untuk bertanya tentang hal  apa saja yang belum di pahami
§  Guru memberi tugas kepada siswa

20 menit
3
Kegiatan Akhir
§  Guru memeriksa jawaban siswa
§  Guru memberi penilaian
§  Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang  telah di ajarkan
§  Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam
10 menit

        H. Alat dan sumber belajar
1.       Buku  MATEMATIKA Kelas IV Pelajaran 5
2.       Alat peraga

I.                    PENILAIAN
1.       Esai/uraian



J. Jenis tes
                Tes tulis



SOAL
1.       Tentukan bilangan romawi dari bilangan berikut !
a.       50
b.      17
c.       20
d.      6
e.      5
2.       Ubahlah ke dalam bilangan romawi
a.       10 + 10 – 5 =
b.      15 + 10 – 3 =
c.       26 + 10 – 6  =
3.       Sebutkan dua cara penulisan bilangan romawi...........

JAWABAN
1.        
a.       L
b.      XV11
c.       XX
d.      VI
e.      V
2.A. X + X – V = XV
    B. XV + X – III = XXII
    C. XXV1 + X – VI = XXX
3.    a. Jika angka di sebelah kiri lebih kecil dari angka yang sebelah kanan berarti lambang bilangan itu di kurangi
b. jika angka di sebelah kanan kurang  dari atau sama dengan angka yang di sebelah kiri ber arti di jumlah




               Kedunggebang, 12 Mei 2015
                                                                                                                Praktikan/mahasiswa


                                                                                                                    Defi selfia anggraini
                                                                                                                    NIM.

            Supervisor/Penguji 2                                                         Supervisor/Penguji 1


         HARIYANI,M.Pd                                                                        Drs. Khusnun,M.Pd
NIP.                                                                                                         NIP.


                                                       Mengetahui,
                                                    Kepala Sekolah
                                SD NEGERI 3 KEDUNGGEBANG


                                                SUWARSONO,S.Pd
                                       NIP.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                   : SD NEGERI 3 KEDUNGGEBANG
Kelas / semester              :  1V/2
Mata pelajaran                 : BAHASA INDONESIA
Alokasi waktu                    : 1X 35 Menit

B.      Standar kompetensi
5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa dari cerita pendek anak yang di sampaikan                    secara lisan
6. Menggungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain brama
7. Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan,laporan , dan puisi bebas
       B.  Kompetensi dasar
5.2 Mengidentifikasi unsur cerita(alur dan latar)
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal,intonasi,dan ekspresi yang tepat
7.1 Membandingkan isi dua teks yang di baca dengan membaca sekilas
8.1 Meringkas isi buku yang di pilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.2 Menulis kalimat majemuk setara dengan konjungsi atau yang tepat
      C. INDIKATOR
1.  Menyebutkan alur dalam cerpen
2. Membedakan peran tokoh drama
3. Membaca teks drama

       D.  Tujuan pmbelajaran
                1. Siswa dapat membedakan watak tokoh drama
                2. Siswa dapat  menyebutkan alur dalam cerpen
                3. Siswa dapat membaca teks dengan cepat
v  Karakter  siswa yang di harapkan : Teliti,tekun,disilin,tanggung jawab dan percaya diri

E. Materi pembelajaran
         LINGKUNGAN
F. METODE PEMBELAJARAN
        1. Menjelaskan
        2. Tanya jawab
        3. Memberi tugas
G . Langkah-langkah pembelajaran
NO
Kegiatan pembelajaran
Waktu
1
Kegiatan awal
Apresiasi / Motivasi
§  Guru mengucap salam
§  Guru mengabsen siswa
§  Guru memberi motovasi kepada siswa
5 menit
2
Kegiatan Inti
§  Guru menjelaskan  tentang unsur  cerita
§  Guru memberi contoh tentang unsur cerita
§   Guru menyampaikan tentang alur  teks cerita
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal apa saja yang belum di pahami
§  Guru memberi tugas kepada siswa

20 menit
3
Kegiatan Akhir
§  Guru memeriksa jawaban siswa
§  Guru memberi penilaian 
§  Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah di ajarkan
§  Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam
10 menit

       
H. Alat dan sumber belajar
1.       Buku  BAHASA INDONESIA Pelajaran 4
2.       TEKS CERITA

I.                    PENILAIAN
1 esai/uraian
            J.  Jenis tes
                        Tes tertulis     
SOAL
1.       Sebutkan 3 macam latar dalam cerita ! Berilah contohnya.................
2.       Watak antagonis dalam cerita memerankan sifat........................
3.       Kalimat tunggal ialah....................
4.       Sebutkan hal-hal yang harus dilakukan pemeran tokoh drama yang baiki.........................
JAWABAN
1.       Latar tempat : Contoh nya : dipasar, jalan, sekolah,taman
Latar waktu :    Contoh nya : pada suatu hari, siang hari, zaman dahulu, malam hari,  
Latar suasana : Contoh nya : senang , sedih, tegang,sepi
2.       Pemarah/ jahat
3.       Kalimat yang terdiri atas dua kalimat tunggal atau lebih
4.       A. Membaca dialog
b. akting
c. bloking( penugasan panggung)


















Kedunggebang, 12 Mei 2015
                                                                                                                Praktikan/mahasiswa


                                                                                                                Defi selfia anggraini
                                                                                                                NIM.

Supervisor/Penguji 2                                                                     Supervisor/Penguji 1


               
     SUWARSONO,S.Pd                                                                           MUHYI,S.Pd
Nip.                                                                                                          NIP.
                                                       Mengetahui,
                                                    Kepala Sekolah
                                      SD NEGERI 3 KEDUNGGEBANG


                                                SUWARSONO,S.Pd
                                       NIP.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar