ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1 (APKG – PKP 1) PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA MAHASISWA
|
:
|
|
MATA PELAJARAN
|
:
|
IPS
|
NIM
|
:
|
|
WAKTU (JAM)
|
:
|
35 Menit
|
TEMPAT MENGAJAR
|
:
|
|
HARI, TANGGAL
|
:
|
Rabu,19 April 2017
|
KELAS
|
:
|
IV
|
UPBJJ-UT
|
:
|
Jember
|
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran
yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa
ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek
yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di
bawah ini.
1. Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
5
|
|
|||||
merumuskan tujuan/indikator perbaikan
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
1.1 Menggunakan bahan
perbaikan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
yang sesuai dengan
kurikulum dan masalah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
yang diperbaiki
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
1.2 Merumuskan tujuan khusus/ indikator
perbaikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 1 = A
|
|
|
|
|
|||||
2. Mengembangkan dan mengorganisasikan materi,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
menentukan tema, media (alat
bantu pembelajaran)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
dan sumber belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
2.1 Mengembangkan dan
mengorganisasikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
materi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2.2 Mengembangkan jaringan
tema dan menentu-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
kan tema (khusus untuk
pembelajaran tematik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
2.3 Menentukan dan
mengembangkan alat bantu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2.4 Memilih sumber belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 2 = B
|
|
|
|
|
3. Merencanakan skenario perbaikan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.1 Menentukan jenis
kegiatan perbaikan pembela-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
jaran yang sesuai
dengan tema (untuk pembela-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
jaran tematik)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
3.2 Menyusun langkah-langkah
perbaikan pembela-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
jaran yang sesuai
dengan tema (untuk pembela-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
jaran tematik)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.3 Menentukan alokasi waktu
perbaikan pembela-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Jaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.4 Menentukan cara-cara
memtivasi siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.5 Menyiapkan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 3 = C
|
|
|
|
|
4. Merancang pengelolaan kelas perbaikan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
4.1 Menentukan penataan
ruang dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
fasilitas belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
4.2 Menentukan cara-cara
pengorganisasian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
siswa agar siswa dapat
berpartisipasi dalam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
perbaikan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 4 = D
|
|
|
|
|
|||||
5. Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan
alat penilaian perbaikan
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
||||||||||
5.1 Menentukan prosedur dan
jenis penilaian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
(khusus untuk
pembelajaran tematik, prosedur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
penilaian harus
dilakukan secara berkala,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
berkesinambungan, dan
menyeluruh)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
5.2 Membuat alat-alat
penilaian dan kunci
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
jawaban
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 5 = E
|
|
|
|
|
|||||
6. Tampilan dokumen rencana pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
6.1 Kebersihan dan kerapian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.2 Penggunaan bahasa tulis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
Rata-rata 5 = E
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
|
Tegaldlimo, 19 April 2017
Penilai 1 / Penilai 2*
|
NAMA
|
NAMA
|
NIP.
|
NIP.
|
No. HP.
|
No. HP.
|
*) Lingkari yang sesuai
|
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 2 (APKG – PKP
2) PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA MAHASISWA
|
:
|
|
MATA PELAJARAN
|
:
|
BAHASA INDONESIA
|
NIM
|
:
|
|
WAKTU (JAM)
|
:
|
30 Menit
|
TEMPAT MENGAJAR
|
:
|
|
HARI, TANGGAL
|
:
|
Senin,08 Mei 2017
|
KELAS
|
:
|
III
|
UPBJJ-UT
|
:
|
Jember
|
PETUNJUK
1.
Amatitah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2.
Pusatkanlah perhatian Anda pada kemampuan guru/mahasiswa dalam mengelola
pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3.
Nilailah kemampuan guru/mahasiswa tersebut dengan menggunakan butir-butir
penilaian berikut.
4.
Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
pembelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata
pelajaran yang sedang diajarkan.
5.
Nilailah semua aspek kemampuan guru/mahasiswa.
1. Mengelola ruang dan
fasilitas belajar
|
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
5
|
|
||||
1.1
Menata fasilitas dan sumber belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 1 = A
|
|
|
|
|
2. Melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
2.1 Memulai pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Melaksanakan
pembelajaran yang sesuai dengan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
tujuan, siswa, situasi
dan lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2.3 Menggunakan alat bantu
(media) pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
yang sesuai dengan
tujuan,siswa,situasi,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
dan lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
2.4 Melaksanakan
pembelajaran dalam urutan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
yang logis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2.5 Melaksanakan perbaikan
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
secara individual,
kelompok, atau klasikal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2.6 Mengelola waktu
pembelajaran secara efisien
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 2 = B
|
|
|
|
|
3. Mengelola interaksi kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.1 Memberi petunjuk dan
penjelasan yg berkaitan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
dengan pisi
embelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
3.2 Menangani pertanyaan dan
respons siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.3 Menggunakan ekspresi
lisan, tulisan, isyarat,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
dan gerakan badan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.4 Memicu dan memelihara
keterlibatan siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.5 Memantapkan penguasaan
materi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 3 = C
|
|
|
|
|
|||||
4. Bersikap terbuka dan luwes, serta
membantu
mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
4.1 Menunjukkan sikap ramah,
luwes, terbuka,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
penuh pengertian, dan
sabar kepada siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
4.2 Menunjukkan kegairahan
dalam mengajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
4.3 Mengembangkan hubungan
antar pribadi yang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
sehat dan serasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
4.4 Membantu siswa menyadari kelebihan dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
kekurangannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
4.5 Membantu siswa
menumbuhkan kepercayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
diri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 4 = D
|
|
|
|
|
|||||
5. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
perbaikan pembelajaran mata pelajaan tertentu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
a.
Bahasa Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
5.1 Mendemonstrasikan
penguasaan materi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Bahasa Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
5.2 Mengembangkan kemampuan
siswa
untuk
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
berkomunikasi dan bernalar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
5.3 Memberikan latihan keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
berbahasa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
5.4 Peka terhadap kesalahan
penggunaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
istilah teknis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
5.5 Memupuk kegemaran
membaca
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 5.a = E
|
|
|
|
||||||
b. Matematika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
5.1 Menanamkan konsep
matematika melalui
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
metode yang bervariasi yang sesuai dengan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
karakteristik materi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
5.2
Menguasai simbol-simbol matematika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.3 Memberikan latihan
matematika dalam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
5.4 Menguasai materi
matematika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 5.b = E
|
|
|
|
c. IPA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||
5.1 Membimbing serta m
embuktikan konsep IPA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
melalui pengalaman
langsung terhadap obyek
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
yang dipelajari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
5.2
Meningkatkan keterlibatan siswa melalui
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
pengalaman belajar
dengan berbagai kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
5.3 Menggunakan istilah yang
tepat pada setiap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
langkah pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
5.4 Terampil dalam melakukan
percobaan IPA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
serta tepat dalam memilih alat peraga IPA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
5.5 Menerapkan konsep IPA
dalam kehidupan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||
5.6 Menampilkan penguasaan
IPA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 5.c = E
|
|
|
|
|||||||||||||
d. IPS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||
5.1 Menerapkan metode
bervariasi dalam pembela-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
jaran IPS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
5.2
Menggunakan media (alat bantu) dalam pembe-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
lajaran IPS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||
5.3 Meningkatkan
keterlibatan siswa dalam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
pembelajaran IPS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
5.4 Ketepatan menggunakan
istilah-istilah/konsep
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
IPS dalam pembelajaran
IPS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||
5.5 Menerapkan konsep IPS
terpadu dalam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 5.d = E
|
|
|
|
|||||||||||||
e. PMP/PPKn
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||
5.1 Menggunakan metode dan alat bantu dalam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
5.2
Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
5.3 Ketepatan penggunaan
istilah- istilah khusus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||
5.4 Menunjukkan penguasaan
materi Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 5.e = E
|
|
|
|
|||||||||||||
f. Tematik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||
5.1 Menampilkan penguasaan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
|
tematik secara holistik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
5.2
Terampil menggunakan metode dan media
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
|
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
5.3 Mahir dalam mengaitkan tema dengan kehidu-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
pan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
5.4 Meningkatkan keterlibatan siswa melalui
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
pengamatan langsung
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
5.5 Mengembangkan kemampuan siswa dalam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
berbagai aspek yang
terkait dengan tema
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
5.6 Menerapkan konsep dalam kehidupan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 5.f = E
|
|
|
|
|||||||||||||
6. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
6.1 Melaksanakan penilaian
selama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
6.2 Melaksanakan penilaian
pada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
akhir pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 6 = F
|
|
|
|
||||||
7. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
7.1 Keefektifan proses
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
7.2 Penggunaan bahasa
Indonesia lisan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
7.3 Peka terhadap kesalahan
berbahasa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
7.4 Penampilan
guru/mahasiswa dalam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
Rata-rata butir 7 = G
|
|
|
|
||||||
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
|
Tegaldlimo, 19 April 2017
Penilai 1 / Penilai 2*
|
NAMA
|
NAMA
|
NIP.
|
NIP.
|
No.
|
No.
|
*) Lingkari yang sesuai
TRIMS
BalasHapus