Rabu, 29 November 2017

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1 (APKG – PKP 1 - 2) PGSD



ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1 (APKG – PKP 1) PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

NAMA MAHASISWA
:

MATA PELAJARAN
:
IPS
NIM
:

WAKTU (JAM)
:
35 Menit
TEMPAT MENGAJAR
:

HARI, TANGGAL
:
Rabu,19 April 2017
KELAS
:
IV
UPBJJ-UT
:
Jember

PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa
ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.

1. Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan
1

2

3

4

5

merumuskan tujuan/indikator perbaikan pembelajaran










1.1 Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran










          yang sesuai dengan kurikulum dan masalah










          yang diperbaiki










   1.2  Merumuskan tujuan khusus/ indikator perbaikan











   pembelajaran
















Rata-rata butir 1 = A




2. Mengembangkan dan mengorganisasikan materi,










    menentukan tema, media (alat bantu pembelajaran)










    dan sumber belajar










    2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan










          materi pembelajaran











    2.2 Mengembangkan jaringan tema dan menentu-










          kan tema (khusus untuk pembelajaran tematik










    2.3 Menentukan dan mengembangkan alat bantu











   pembelajaran










    2.4 Memilih sumber belajar



























Rata-rata butir 2 = B





3. Merencanakan skenario perbaikan pembelajaran











    3.1 Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembela-










          jaran yang sesuai dengan tema (untuk pembela-










          jaran tematik)










    3.2 Menyusun langkah-langkah perbaikan pembela-










          jaran yang sesuai dengan tema (untuk pembela-










          jaran tematik)











    3.3 Menentukan alokasi waktu perbaikan pembela-










          Jaran











    3.4 Menentukan cara-cara memtivasi siswa


























    3.5 Menyiapkan pembelajaran











         

















Rata-rata butir 3 = C








4. Merancang pengelolaan kelas perbaikan pembelajaran







    4.1 Menentukan penataan ruang dan










          fasilitas belajar











    4.2 Menentukan cara-cara pengorganisasian 










          siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam










          perbaikan pembelajaran

















Rata-rata butir 4 = D





















5. Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan
    alat penilaian perbaikan pembelajaran





    5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian










          (khusus untuk pembelajaran tematik, prosedur










          penilaian harus dilakukan secara berkala,










          berkesinambungan, dan menyeluruh)










    5.2 Membuat alat-alat penilaian dan kunci










          jawaban











         

















Rata-rata butir 5 = E





















6. Tampilan dokumen rencana pembelajaran











    6.1 Kebersihan dan kerapian


























    6.2 Penggunaan bahasa tulis











         

















Rata-rata 5 = E







 
                                                                                               
 






Mengetahui
Kepala Sekolah,




Tegaldlimo, 19 April 2017
Penilai 1 / Penilai 2*




NAMA
NAMA
NIP.
NIP.
No. HP.
No. HP.
*) Lingkari yang sesuai









ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 2 (APKG – PKP 2) PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

NAMA MAHASISWA
:

MATA PELAJARAN
:
BAHASA INDONESIA
NIM
:

WAKTU (JAM)
:
30 Menit
TEMPAT MENGAJAR
:

HARI, TANGGAL
:
Senin,08 Mei 2017
KELAS
:
III
UPBJJ-UT
:
Jember

PETUNJUK
1. Amatitah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Pusatkanlah perhatian Anda pada kemampuan guru/mahasiswa dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru/mahasiswa tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.
4. Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
5. Nilailah semua aspek kemampuan guru/mahasiswa.

1. Mengelola ruang dan fasilitas belajar

1

2

3

4

5

   1.1 Menata fasilitas dan sumber belajar






















   1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas.

































Rata-rata butir 1 = A





2. Melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran







    2.1 Memulai pembelajaran


























    2.2 Melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan









          tujuan, siswa, situasi dan lingkungan










         











    2.3 Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran










          yang sesuai dengan tujuan,siswa,situasi,











   dan lingkungan











    2.4 Melaksanakan pembelajaran dalam urutan










          yang logis











    2.5 Melaksanakan perbaikan pembelajaran










          secara individual, kelompok, atau klasikal










         











    2.6 Mengelola waktu pembelajaran secara efisien










         

















Rata-rata butir 2 = B





3. Mengelola interaksi kelas











    3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yg berkaitan










          dengan pisi embelajaran









    3.2 Menangani pertanyaan dan respons siswa










         











    3.3 Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat,










          dan gerakan badan











    3.4 Memicu dan memelihara keterlibatan siswa










         











    3.5 Memantapkan penguasaan materi










          pembelajaran

















Rata-rata butir 3 = C























4. Bersikap terbuka dan luwes, serta membantu  
    mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar









    4.1 Menunjukkan sikap ramah, luwes, terbuka,










          penuh pengertian, dan sabar kepada siswa










         










    4.2 Menunjukkan kegairahan dalam mengajar










         











    4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi yang










          sehat dan serasi











    4.4 Membantu siswa menyadari kelebihan dan










          kekurangannya











    4.5 Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan










          diri

















Rata-rata butir 4 = D





















5. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
    perbaikan pembelajaran mata pelajaan tertentu










    a. Bahasa Indonesia











    5.1 Mendemonstrasikan penguasaan materi










          Bahasa Indonesia










    5.2 Mengembangkan kemampuan siswa untuk










          berkomunikasi dan bernalar











    5.3 Memberikan latihan keterampilan










          berbahasa











    5.4 Peka terhadap kesalahan penggunaan










          istilah teknis











    5.5 Memupuk kegemaran membaca










         

















Rata-rata butir 5.a = E



    b. Matematika











    5.1 Menanamkan konsep matematika melalui










          metode yang bervariasi yang sesuai dengan










          karakteristik materi










    5.2 Menguasai simbol-simbol matematika


























    5.3 Memberikan latihan matematika dalam










          kehidupan sehari-hari











    5.4 Menguasai materi matematika
































Rata-rata butir 5.b = E






    c. IPA












    5.1 Membimbing serta m embuktikan konsep IPA











          melalui pengalaman langsung terhadap obyek











          yang dipelajari











    5.2 Meningkatkan keterlibatan siswa melalui











          pengalaman belajar dengan berbagai kegiatan











    5.3 Menggunakan istilah yang tepat pada setiap











          langkah pembelajaran











    5.4 Terampil dalam melakukan percobaan IPA











          serta tepat dalam memilih alat peraga IPA











    5.5 Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan











          sehari-hari












    5.6 Menampilkan penguasaan IPA


































Rata-rata butir 5.c = E




    d. IPS












    5.1 Menerapkan metode bervariasi dalam pembela-











          jaran IPS











    5.2 Menggunakan media (alat bantu) dalam pembe-











          lajaran IPS












    5.3 Meningkatkan keterlibatan siswa dalam











          pembelajaran IPS











    5.4 Ketepatan menggunakan istilah-istilah/konsep











          IPS dalam pembelajaran IPS












    5.5 Menerapkan konsep IPS terpadu dalam











          kehidupan sehari-hari

















Rata-rata butir 5.d = E




    e. PMP/PPKn












    5.1 Menggunakan metode dan alat bantu dalam











          pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan











    5.2 Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses











          pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan











    5.3 Ketepatan penggunaan istilah- istilah khusus











          dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan










    5.4 Menunjukkan penguasaan materi Pendidikan











          Kewarganegaraan


















Rata-rata butir 5.e = E




    f. Tematik











    5.1  Menampilkan penguasaan pembelajaran












    tematik secara holistik











    5.2 Terampil menggunakan metode dan media












    pembelajaran











    5.3  Mahir dalam mengaitkan tema dengan kehidu-











           pan sehari-hari











    5.4  Meningkatkan keterlibatan siswa melalui











           pengamatan langsung











    5.5  Mengembangkan kemampuan siswa dalam











           berbagai aspek yang terkait dengan tema











    5.6  Menerapkan konsep dalam kehidupan











           sehari-hari

















Rata-rata butir 5.f = E




























6. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar







    6.1 Melaksanakan penilaian selama










          proses pembelajaran










    6.2 Melaksanakan penilaian pada 










          akhir pembelajaran

















Rata-rata butir 6 = F




















7. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran








    7.1 Keefektifan proses pembelajaran










         










    7.2 Penggunaan bahasa Indonesia lisan










         










    7.3 Peka terhadap kesalahan berbahasa










          siswa










    7.4 Penampilan guru/mahasiswa dalam










          pembelajaran
















Rata-rata butir 7 = G



















                                                                                               


 
                                                                                               
 









Mengetahui
Kepala Sekolah,




Tegaldlimo, 19 April 2017
Penilai 1 / Penilai 2*




NAMA
NAMA
NIP.
NIP.
No.
No.
*) Lingkari yang sesuai

1 komentar: