Rabu, 18 Januari 2017

contoh RPP KELAS RANGKAP








DEFI SELFIA ANGGRAINI
NIM.824672763



Kelompok Belajar Tegaldlimo
UPBJJ - UT Jember
FKIP, Universitas Terbuka
Tahun 2015.2







RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
MODEL 221

Sekolah                       : SDN 6 Sumberberas
Mata Pembelajaran      : MTK Kelas 1 Semester I
                                       IPA Kelas II S20emester I
AlokasiWaktu             : 2 x 30 ( Menit)
Jam ke                         : 3
Hari / Tanggal             : Rabu , 4 November 2015

I.                   StandarKompetensi
MTK Kelas I      1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan   sampai
                                  20.
IPA Kelas II         : 1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan
    pertumbuhan hewan dan tumbuhan , serta berbagai tempat
    hidup makhluk hidup .                            
II.                Kompetensi Dasar
MTK Kelas I         : 1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
      Penjumlahan.
                  IPA Kelas II         : 1.2 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di
                                                        Sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
III.             Indikator
MTK Kelas I         : 1.3.1  Menjelaskan cara menghitung penjumlahan 
                                 1.3.2. Menjelaaskan cara menghitung pengurangan
IPA Kelas II         : 1.2.1  Menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan
                                 1.2.2  Menyebutkan cara perkembangbiakan tumbuhan 


IV.             Pokok materi
MTK Kelas 1      :  Penjumlahan dan pengurangan .
IPA Kelas II        :  Pertumbuhan  hewan dan tumbuhan.

IV.             Metodedan Model Pembelajaran
1.      Diskusi
2.      Tanya jawab
3.      Pemberian tugas




V.                KegiatanPembelajaran
1.      Kegiatanawal ( 10Menit ) ;
Ø  Mengucapkan salam dan berdoa
Ø  Presensi dan apersepsi
Ø  Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiataninti ( 40 Menit )
Eksplorasi
Kelas I ( MTK )
Ø  Guru menjelaskan tentang cara penjumlahan dan pengurangan bilangan
Ø  Guru menyebutkan bilangan 1 sampai 20
Kelas II ( IPA ) :
Ø  Guru menjelaskan tentang pertumbuhan hewan dan tumbuhan
Ø  Siswa menjawab pertanyaan  yang di berikan guru tentang pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
Elaborasi
Kelas I ( MTK )
Ø  Guru memberikan beberpa pertanyaan  mengenai materi yang telah di sampaikan.
Ø  Guru memberi tugas kepada siswa tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan 20.
Ø  Siswa mengerjakan tugas dari guru.

Kelas II ( IPA )
Ø  Guru memberikan  beberpa  pertanyaan  mengenai materi yang telah di sampaikan.
Ø  Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa.
Ø  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membedakan pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
Konfirmasi                                             
Dalam kegitan konfirmasi guru :
Ø  Guru bertanya jawab tentang hal – hal yang belum di ketahui siswa.
Ø  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.      Kegiatan akhir ( 10 menit )
Ø  Guru memberikan postest.
Ø  Guru menyuruh siswa membuat rangkuman.
Ø  Guru memberikan PR.

VI.             Sumberdan Media Pembelajaran
MTK kelas 1
Ø  Sumber Belajar : Buku  MTK kelas I hal 20 – 26, oleh : CV SETI-AJI
Ø  Media                : Alat peraga / gambar
IPA
Ø  Sumber Belajar : Buku IPA Kelas II hal 19 – 24, oleh : CV SETI-AJI
Ø  Media                : Gambar / alat peraga

VII.          Evaluasi Penilaian

Soal-soal latihan Matematika kelas 1
1.      7 + 4 =
2.      3 + 8 =
3.      5 + 1 =
4.      7 + 3 =
5.      9 + 5 =

KunciJawaban

1.      11
2.      11
3.      6
4.      10
5.      14
            IPA
            Soal- soal IPA kelas II
1.      Ayam berkembang biak dengan cara ........................
2.      Kucing berkembang biak dengan cara ......................
3.      Pertumbuhan pohon mangga dimulai dari ....................
4.      Sebutkan dua contoh tumbuhan yang berasal dari batang .....................
5.      Berikan 3 contoh hewan yang beranak ................................

Kunci Jawaban

1.      Bertelur
2.      Beranak
3.      Dari biji
4.      Pohon singkong dan bambu
5.      Kambing, kucing, sapi .











VIII . PENILAIAN
1.      Prosedur penilaian
·         Tes akhir evaluasi
2.      Jenis penilaian
·         Tes tertulis (objektif / isian )
3.      Alat penilaian
·         Soal (terlampir)
·         Kunci jawaban
·         Pedoman penilaian

 a
  ̶     x  100 = X
 b

                        Keterangan :
                                    a : jumlah soal benar
                                    b : jumlah soal
                                    x : nilai


                                   
                                                                                    Banyuwangi , 04 November 2015     
  Tutor Pembimbing                                                    Praktikan/mahasiswa                          


MUHAMAD HAKIM, Mpd.                                                Defi selfia anggraini
NIP . 1961090319 8201 1 013                                   NIM. 824672763

                                                Mengetahui
                                             Kepala Sekolah


                                          IMAM SULTANI, S.Pd.
                                    NIP. 19620414 198201 1 009








Soal Latihan Matematika kelas 1
1.      7 + 4 =
2.      3 + 8 =
3.      5 + 1 =
4.      7 + 3 =
5.      9 + 5 =




Kunci  Jawaban

1.      11
2.      11
3.      6
4.      10
5.      14





           

















IPA
            Soal- soal IPA kelas II
1.      Ayam berkembang biak dengan cara ........................
2.      Kucing berkembang biak dengan cara ......................
3.      Pertumbuhan pohon mangga dimulai dari ....................
4.      Sebutkan dua contoh tumbuhan yang berasal dari batang .....................
5.      Berikan 3 contoh hewan yang beranak ................................










Kunci Jawaban

1.      Bertelur
2.      Beranak
3.      Dari biji
4.      Pohon singkong dan bambu
5.      Kambing, kucing, sapi .













Rencana Pensekoran

No soal
Keterangan
Skor/nilai
1
Benar
20
2
Benar
20
3
Benar
20
4
Benar
20


5
Benar
20



Penliaian :


          Nilai = (soal benar : butir soal) X 100





1039cddc9893526f25e468a06e3bac80.jpgaku-pintar-berhitung1 (1).png 





























Belajar Anak - Berapa Jumlahnya (1-10) 8 (Medium).jpg
d57f0a7d0edd026dac7010c52b610095.jpg






















DATA SISWA KELAS 1


NOMOR
NAMA SISWA
L/P
URUT
INDUK
1
1402
AHMAD FAIRUZ AL MAKKI
L
2
1403
ALDO ARMANDA
L
3
1404
ARDIANSYAH KRISNA SP
L
4
1405
DESTY RAHMANDA
P
5
1406
IYAS PERDANA ABID PA
L
6
1407
IZZU NAHIRA ZEYYES S
P
7
1408
NADJWA AULIA R
P
8
1409
RADIT KURNIAWAN
L
9
1410
SHOFI MAULIDA Q
P
10
1411
PUTRI AYU RAMADHANI
P




                                    DATA SISWA  KELAS II

NOMOR
NAMA SISWA
L/P
URUT
INDUK
1
1381
ACELLDY PRIANATA SYAH
L
2
1382
ALYA RAHMA ADYSTIA
P
3
1383
DWINA ASMAUL VITRI
P
4
1384
DIYO EGA SAPUTRA
L
5
1385
JIMMI ALMUJIT SETYAWAN
L
6
1386
LINTANG KEYSA NOVENSA
P
7
1387
LEVINA ZANETA MAHSA
P
8
1388
M.IMAM GUNTORO
L
9
1390
RANIA MUZALINA
P
10
1391
SAFA MARSA DIAN KAMILA
P
11
1392
WILDAN EKA SAPUTRA
L
12
1399
TESA DELA PUTRI FEBRIYANI
P

NAMA  : AHMAD FAIRUZ AL MAKKI
KELAS :I

1.      Apakah siswa lebih senang  ibu  guru mengajar dengan cara biasanya atau dengan cara saat bapak sedang praktek PKR ?Mengajar seperti biasa.





2.      Apakah siswa merasa saat bapak guru sedang praktek terlihat bingung disbanding biasanya ?Ya, Sedikit bingung.





3.      Siswa paling senang saat bapak guru melakukan apa saat praktek ?Mengajarkan cara berdiskusi

















Lembar Refleksi Pelaksanaan Praktek Pembelajaran kelas rangkap

Gambaran situasi dan kondisi SD tempat saya mengajar :

            SD tempat saya mengajar sedikit jauh dari jalan raya.Di kiri kanan SD tempat saya mengajar ada beberapa pemukiman penduduk, namun setelahnya merupakan areal persawahan yang sangat luas.Mata pencaharian masyarakat di lingkungan SD saya adalah bertani.Siswa-siswi kami sangat bersemangat dalam menuntut ilmu, dilihat dari seringnya mereka hadir saat waktu sekolah meskipun keadaan keluarga mereka yang kurang berkecukupan.Hal ini membuat kami sangat bersemangat dalam mengajar.


1.       Saya memilih melakukan praktek pembelajaran kelas rangkap model 221, dengan alasan. agar mudah saat pengawasan dalam proses pembelajaran.

2.       Perasaan saya saat melakukan praktek pembelajaran kelas rangkap di kelas saya sendiri adalah. Sangat menarik dan menambah pengalaman.


3.       masalah/kendala yang saya alami saat melakukan praktek pembelajaran kelas rangkap di kelas saya sendiri adalah pembagian waktu antara kelas 4 dan kelas 5.

4.       reaksi siswa yang saya perhatikan saat saya melakukan praktek pembelajaran kelas rangkap adalah Siswa kadang saling memperhatikan siswa dari kelas lain.


5.       menurut saya, PKR tidak sesuai untuk diterapkan di kelas pada situasi dan kondisi seperti SD tempat saya mengajar.



Nama Saya                  : DEFI SELFIA ANGGRAINI
NIM                            : 824672763
Tempat Mengajar        : SDN 2 SUMBERBERAS
Jumlah Siswa Saya      : 12 siswa





ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1
(APKG PKR PGSD 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

1.
2.
3.
4.
5.

6.

7.
8.
NAMA GURU/MAHASISWA             :  DEFI SELFIA ANGGRAINI
N I M                                       :  824672763
TEMPAT MENGAJAR            :  SD NEGERI 2 SUMBERBERAS
MODEL PKR                              : 221
KELAS/SEMESTER                :  I / 1
                                                        II / 1
MATA PELAJARAN                           :  I   : MATEMATIKA
                                                        II : IPA
WAKTU                                  :  2 X 35 MENIT
UPBJJ-UT                                  :  JEMBER

PETUNJUK
Baca  dengan  cermat  rancangan PKR  yang  akan digunakan oleh guru/mahasiswa  ketika praktek PKR. Kemudian, nilailah semuaaspek yang terdapat dalam RPP tersebut dengan menggunakan butir penilaiandi  bawah  ini. 
1.Menentukan Bahan Pembelajaran dan Merumuskan Tujuan/indikator
1.1  Menggunakan  bahan  pembelajaran  yang  sesuai dengan standar isi dan kompetisi.
1.2  Merumuskan tujuan/indicator pembelajaran

1 2 3 4 5

⃞⃞⃞v⃞⃞⃞

⃞⃞⃞v⃞⃞

Rata-rata butir 1 = A  4.5
2.Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media(alat bantu pembelajaran), dan sumber belajar
2.1 mengembangkan dan mengosganisasikan materi dari model PKR yang dipilih
2.2  Menentukan dan mengembangkan media/alat bantu pembelajaran yang relevan
2.3  Memilih sumber belajar

12 3 4 5

⃞⃞⃞v⃞⃞


⃞⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v
Rata-rata butir 2 = B4.6
3.  Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran kelas rangkap
3.1 menyusun langkah-langkah pembelajaran kelas rangkap
3.2  Menentukan alokasi waktu pembelajaran kelas rangkap
3.3  Menentukan cara-cara memotivasi siswa


1    2    3    4    5

⃞⃞⃞v⃞⃞

⃞⃞⃞⃞v

⃞⃞⃞v⃞⃞
Rata-rata butir 3 = C4.3



4.  Merancang pengelolaan kelas
4.1  Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam pembelajaran kelas rangkap

1  2 34  5

⃞⃞⃞v⃞⃞

Rata-rata butir 4 = D 4
5.  Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian
5.1  Menentukan prosedur dan jenis penilaian
5.2  Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban

1       2       3    4    5

⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v
Rata-rata butir 5 = E 4.5
6.  Tampilan dokumen Rencana Pembelajaran
6.1  Kebersihan dan kerapian
6.2  Penggunaan bahasa tulis

1  2  3    4   5
⃞⃞⃞⃞v
⃞⃞⃞v⃞⃞
Rata-rata butir 6 = F    4.5

Nilai APKG 1 = R

Text Box: 4.3A + B + C + D + E + F
R =                                                          =      
                            6


Banyuwangi, 26 Oktober 2015          
                                                                           Pengamat                            
                                                                                                                  Tutor




Mohamad Hakim,M.Pd       
NIP : 19610903 198201 1 013          























FOTO KONSULTASI SAAT PEMBUATAN RPKR
20151107_150330.jpg



























                                                           





















Lembar Penilaian Simulasi Pembelajaran Kelas Rangkap

IDENTITAS
1.       NAMA MAHASISWA              : DEFI SELFIA ANGGRAINI
2.       NIM                                              : 824672763
3.       MODEL PKR                               : 221
4.       TEMA/TOPIK                            : 1. PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN 1-20
  2. PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN
5.       KELAS/SEMESTER                   : I /1
                II/1

Berilah tanda check (v) pada salah satupilihan antara skalapenilaian 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai hasil pengamatan tutor, dan isilah dengan berapa menit para mahasiswa menghabiskan waktu simulasi untuk masing-masing aspek perilaku yang ditampilkan. Apabila ada komentar khusus mengenai aspek yang diamati dapat diuraikan pada kotak komentar di bawahnya.

ASPEK YANG DIAMATI
SKALA PENILAIAN
WAKTU TAMPILAN
1
2
3
4
5
A.      PENDAHULUAN/KEGIATAN AWAL






1.       Menarik perhatian memotivasi


v



2.       Memberikan acuan



v


3.       Membuat kaitan


v



Rata-rata KW : N1 + N2 + N3    =   3.3
                                     3






B.      PENYAJIAN/KEGIATAN INTI






1.       Penjelasan konsep/data/fakta/prinsip dengan contoh/ilustrasi/demonstrasi.



v


2.       Tanya jawab/pemberian penguatan


v



3.       Pemberian tugas/latihan secara individual/kelompok/evaluasi proses


v



4.       Ada supervisi saat siswa diberi tugas dan balikan



v


Rata-rata KI : N1+N2+N3+N4     =    3.5
                                    4






C.      PENUTUP/KEGIATAN AKHIR






1.       Peninjauan kembali


v



2.       Evaluasi hasil belajar/pemberian tindak lanjut



v


Rata-rata kk : N1+N2                 =     3.5
                              2















KOMENTAR :

Banyuwangi, 7  November 2015

Tutor                          




Mohamad Hakim,M.Pd       
NIP : 19610903 198201 1 013


Catatan :
KW     = rata-rata nilai kegiatan Awal.
KI        = rata-rata nilai kegiatan Inti.
KK      = rata-rata nilai kegiatan Akhir

Nilai Simulasi Pembelajaran Kelas Rangkap/K :
K = KW + KI + KK  =           3.4
                  3




ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU
(APKG PKR PGSD 2)

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

1.  NAMA MAHASISWA                 :  DEFI SELFIA ANGGRAINI
2.  N I M                                             :  824672763
3.  NAMA SEKOLAH                       :  SD NEGERI 2 SUMBERBERAS
4.  MODEL PKR                                :  221
5.  KELAS/SEMESTER                     : I  / 1
                                                               II / 1
6.  MATA PELAJARAN                    :  1. MATEMATIKA
                                                                2. IPA
7.  TOPIK                                            :  1. PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN 1-20
                                                                 2. PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN
8.  TANGGAL                                     :  4 NOVEMBER 2015
9.  KELOMPOK BELAJAR                :  TEGALDLIMO
10. UPBJJ-UT                                      :  JEMBER

PETUNJUK
1.  Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Pusatkan perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4. Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.


A
Melakukan pembelajaran
a.Melaksanakan tugas rutin kelas.
b.Memulai kegiatan pembelajaran
c.Menggunakan  ragam  kegiatan  yang  sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan
d.Melaksanakan  kegiatan  dalam  urutan  yang logis dan sistematis.
e.Menggunakan  sumber  belajar  yang  sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan.
f.Menggunakan  media  belajar  yang  sesuai dengan   indikator/tujuan,  siswa,  situasi,  dan lingkungan.
g.Menggunakan  waktu  pembelajaran  secara efisien.
h.Mengakhiri kegiatan pembelajaran.
1     2      3     4     5
⃞⃞⃞⃞v
⃞⃞⃞⃞v

⃞⃞⃞v⃞⃞

⃞⃞⃞v⃞⃞

⃞⃞⃞v⃞⃞

⃞⃞⃞⃞v
⃞⃞⃞⃞v
⃞⃞⃞⃞v
Rata-rata butir 1 = P4.6


B
Mengelola interaksi kelas
a.Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat, terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa.
b.Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
c.Melakukan komunikasi secara efektif

1 2  34 5

⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v
⃞⃞⃞v⃞⃞

Rata-rata butir 2 = Q 4.3

Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran mata pelajaran tertentu
a. Bahasa Indonesia
1) Mendemonstrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia
2) Memberikan latihan keterampilan berbahasa 
3) Memberikan latihan keterampilan mengapresiasi sastra
4) Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar
5) Memupuk kegemaran membaca
1 2  34 5


⃞⃞⃞⃞⃞
⃞⃞⃞⃞⃞
⃞⃞⃞⃞⃞

⃞⃞⃞⃞⃞
⃞⃞⃞⃞⃞⃞
Rata-rata butir 3a = R

b.  Matematika
1)Menanamkan konsep matematika melalui kegiatan manipulatif
2)  Menguasai simbol-simbol matematika
3) Memberikan latihan penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari
1 2  34 5

⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v

⃞⃞⃞v⃞⃞

Rata-rata butir 3b = R  4.3

c.  IPA 
1)Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui pengalaman langsung
2)Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman langsung
3)Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari.
4) Menampilkan penguasaan IPA
1 2  34 5

⃞⃞⃞⃞⃞

⃞⃞⃞⃞⃞
⃞⃞⃞⃞⃞
⃞⃞⃞⃞⃞

Rata-rata butir 3c=R ⃞

d.  IPS
1) Mengembangkan pemahaman konsep waktu  
2) Mengembangkan pemahaman konsep ruang
3)Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity)
1 2  34 5
⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v
⃞⃞⃞⃞v

Rata-rata butir 3d=R   4.6

e.  PKN
1)  Menguasai konsep nilai, moral, dan norma Pancasila
2) Membangkitkan kesadaran tentang nilai dan moral Pancasila serta kewarganegaraan
3)  Membangkitkan kepekaan nurani, percaya diri, empati, cinta kebaikan, control diri, dan rasa tahu diri
1 2  34 5
⃞⃞⃞⃞⃞

⃞⃞⃞⃞⃞
⃞⃞⃞⃞⃞

Rata-rata butir 3e =       ⃞
D
Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
1) Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran.
2) Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran
1 2  34 5
⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v
Rata-rata butir = S       4.5
E
Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
1)  peka terhadap kemampuan berbahasa
2)  penampilan guru dalam pembelajaran kelas rangkap
3)  keefektifan pembelajaran kelas rangkap
1 2  34 5
⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v
⃞⃞⃞⃞v

Rata-rata butir = T        4.6

Catatan :

Nilai APKG 2 = S
Text Box: 4.5
 

S = P + Q + R + S + T  = 
                  5
S = Rata-rata Butir


Banyuwangi, 4 November  2015

                        Pengamat                   
Tutor              
                       
           


Mohamad Hakim,M.Pd         
NIP : 19610903 198201 1 013

110 komentar:

  1. TERIMA KASIH ATAS ILMUNYA . . . . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak minta filenya buat di download

      Hapus
    2. mbak admin boleh minta kirim file nya?

      Hapus
    3. MBA BOLEH MINTA FLE NYA< NI EMAIL SAYA herfinike@gmail.com

      Hapus
    4. boleh kirim file nya ke E-mail: ulaika52@gmail.com

      Hapus
  2. Kak mintak file buat aq download

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kirim di email tulis emailnya

      Hapus
    2. sdnbumimas1@gmail.com

      mohon file nya mb

      Hapus
    3. bisa minta filenya @ abiegrafer.herson@gmail.com

      Hapus
    4. mb bisa minta file rpp kelas rangkPnya. tolong dikirim ke nesri.irsadiyah@gmail.com

      Hapus
    5. mbak bisa minta filenya?
      tolong kirim ke email ariancerambu14@gmail.com

      Hapus
    6. kak boleh minta file nya? kirim ke email saya kak
      ellakhairunnisa28@gmail.com
      terimakasih kak

      Hapus
    7. KAK mohon maff boleh minta filenyaa,,
      email saya defelawatizona50@gmail.com

      Hapus
    8. boleh minta filenya ndak kak ekaayuaurora@gmail.com

      Hapus
  3. mba boleh minta filenya...minta dikirim ke email yah. niawuniarti1981@gmail.com

    BalasHapus
  4. mba boleh minta filenya buat di download ?

    BalasHapus
  5. Saya juga mohon bantuan nya mbak.minta donk file nya.

    BalasHapus
  6. Email saya santisriwulan83@gmail.com

    BalasHapus
  7. minta file nya ya mbk, email saya wiwi.marwati82@gmail.com
    terima kasih sblmnya y mbk

    BalasHapus
  8. Saya minta filenya ya mbak. Email saya zaerinpark@gmail.com
    Makasih banyak mbak.

    BalasHapus
  9. mbak, saya tak minta filenya ya.. kirim ke stkhaton@gmail.com
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  10. Mbak, saya juga mau minta filenya..kirim ke nurameilina0305@gmail.com
    Makasih ya mbak

    BalasHapus
  11. Mbk bgi filenya,,, minta tolong di kirim ke email saya, evelinasinaga1801@gmail.com

    BalasHapus
  12. Mbak boleh minta softcopy nya,boleh dikirim ke email aku lukmanaza19@gmail.com.thnk's ya mbak!

    BalasHapus
  13. minta filenya mba, fatimahnajmatunisa@gmail.com

    BalasHapus
  14. BAGI file nya donk ka
    email 123ekanokasitepu@gmail.com

    BalasHapus
  15. bagi file dong mbak, email saya sitiavidatulchusnah@gmail.com

    BalasHapus
  16. bagi filenya lah kak kristianitaleassen@gmail.com

    BalasHapus
  17. Mau dong Ka filenya, ke maulani165@gmail.com y, mksh

    BalasHapus
  18. assalamu'alaikum ....
    boleh minta file nya kk
    emailnya: heri13091979@gmail.com
    ditunggu ya k, makasih
    Wassalmu'alaikum...

    BalasHapus
  19. assalamualaikum, maaf boleh minta filenya kakak. emailnya: darakhoerunnisa25@gmail.com. terimakasih

    BalasHapus
  20. Mhon minta filenya kakak.
    aliwafa599@gmail.com

    BalasHapus
  21. bagi filenya donk mbak,trims
    wimanx1@gmail.com

    BalasHapus
  22. min minta file nya dong.
    teguhpujianto0@gmail.com

    BalasHapus
  23. minta failnya dong k, kirimin k umum91250@gmail.com

    BalasHapus
  24. Tlg saya dikirimi filenya dunk....ti2k_machmoeda@yahoo.com.

    BalasHapus
  25. assalamualaikum kak.. boleh izin copas??? bisa minta tolong dikirim ke email saya kak.... saya123eka@gmail.com

    BalasHapus
  26. thankss dikk for your file...

    BalasHapus
  27. assalamualaikum kak.. boleh minta file nya gak kak
    hendrakanidi82@gmail.com

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum,, minta file'y mba ke email amistar74@gmail.com

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum...mba bs minta filenya kh?ririn.setyowati111@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  30. mbak boleh mintak filenya mbak...mohon bantuannya y mbk...

    BalasHapus
  31. Ka boleh minta filenya tolong kirim ke heniyulia16@gmail.com

    BalasHapus
  32. Bagi saya file nya kaka klok boleh kirim ke email riadinia93@gmail.com

    BalasHapus
  33. ka mau file nya tolong kirimin ke email saya ya @dewiernawati239@gmail.com

    BalasHapus
  34. ijin download untuk tugas PKR. terima kasih banyak

    BalasHapus
  35. assalamualaikum kak.. boleh minta file nya gak kak
    fitrianililis2912@gmail.com

    BalasHapus
  36. Terimakasih ilmunya
    Bisa minta filenya mbak???

    BalasHapus
  37. Makasih atas ilmunya kak... bisa minta filenya kak ?
    email: sitiilfia32@gmail.com

    BalasHapus
  38. Kak bisa minta file nya?
    Email rifkialfiatunhasanah03@gmail.com

    BalasHapus
  39. bisa minta filenya ke jhonkrismanlimbong@gmail.com

    BalasHapus
  40. ka mau dong filenya, ini email saya dedekhoirunnisa9@gmail.com

    BalasHapus
  41. MBA BISA MINTA FILENYA INI EMAIL SAYA anhysurianim357
    @gmail.com

    BalasHapus
  42. hello,bisakah saya meminta filenya

    BalasHapus
  43. boleh minta filenya kak kirim ke email saya...

    BalasHapus
  44. Boelh minta filenya kak kirim ke email saya.mksh

    BalasHapus
  45. mintak filenya kak? buat tugas PKR d UT

    BalasHapus
  46. Admin bisa minta file contoh di atas

    BalasHapus
  47. kak bs mnta file ke email sdn1kajoran@gmail.com

    BalasHapus
  48. bisa minta file nya kak Oktaffianti@gmail.com

    BalasHapus
  49. boleh minta filenya kak
    ini email saya kjwoon79@gmail.com

    BalasHapus
  50. bagi filenya kak buat referensi
    ariefsetiawan900@gmail.com

    BalasHapus
  51. Please bagi filenya kak
    roryzw25@gmail.com

    BalasHapus
  52. KAK bisa bagi file nya...
    naning9080@gmail.com

    BalasHapus
  53. Kirim ke email saya donk file nya sinagajunita35@gmail.com

    BalasHapus
  54. mnta file,kirim ke email saya
    etto6291@gmail.com

    BalasHapus
  55. Sy boleh minta filenya? Kl boleh sy minta kirim ke email saya

    BalasHapus
  56. mntak filenya, ne email saya
    shanti.anlob@yahoo.com

    BalasHapus
  57. kirim filenya kk
    susantoseterang94@gmail.com

    BalasHapus
  58. Saya boleh minta filenya? Ini email saya buditok235@gmail.com

    BalasHapus
  59. Bisa minta filenya kak? Ini e-mail saya
    yerydiankusumawati@gmail.com

    BalasHapus
  60. Kak boleh minta filenya. Ini email sy. mardianasrilestari@gmail.com

    BalasHapus
  61. kk buleh minta filenya buat didowluod email saya baitinor89@gmail.com

    BalasHapus
  62. siang mbah
    minta filenya kah slx saya mau praktek
    nc email saya theresiasareng3@gmail.com

    BalasHapus
  63. mbah bisa minta contoh rpp PKR yang lain
    nc emailnya theresiasareng3@gmail.com

    BalasHapus
  64. mbk boleh mintak filenya
    ari.yanto1892@gmail.com

    BalasHapus
  65. assalamualaikum wb..kk boleh minta filex
    haenati81@gmail.com mkasi y kk

    BalasHapus
  66. boleh minta fileny ya kak
    defelawatizona50@gmail.com

    BalasHapus
  67. minta RPP nya dong kak, kirim ke dwiputrihastuti6@gmail.com

    BalasHapus
  68. Bagi filenya mnk arinidewi416@gmail.com

    BalasHapus
  69. Minta filenya mbk tolong kirim ke email saua @della171097gmail.com

    BalasHapus
  70. Assalamualaikum kak, boleh saya minta filenya? kebetulan saya harus mendalami RPP kelas rangkap Kels 1 dan 2. semoga kakak bisa bantu saya terimakasih

    aijuariah1103@mail.com

    BalasHapus
  71. Assalamualaikum kak,,, minta file nya ini email saya sadarmanharefa26@gmail.com 🙏

    BalasHapus
  72. Assalamualaikum kak minta filenya ini email saya ahmadroyandi97@gmail.com 🙏

    BalasHapus
  73. Kak minta filenya yah ini emailnya Khalimatun01@gmail.com

    BalasHapus
  74. Kak minta file nya dong . Kirim ke email suhetieti06@gmail.com

    BalasHapus
  75. assalamu'alaikum kak apakah saya boleh minta filenya. tolong kirim ke email gilang.permata00@gmail.com terimakasih..

    BalasHapus
  76. Assalamualaiku Kak... boleh minta file ny ?
    tolong kirim ke email : sugiartisri231@gmail.com
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  77. assalamu'alaikum kak apakah saya boleh minta filenya. tolong kirim ke email ( ikefadhilah64@gmail.com )
    terimakasih sebelumnya kak

    BalasHapus
  78. Kak minta file.nya.. tolong kirim ke maftukha367@gmail.com

    BalasHapus
  79. kak minta tolong kirimkan filenya ke email hotmaulinadapdap010@gmail.com

    BalasHapus
  80. Assalamualaikum, kak boleh minta file nya, jika berkenan tolong kirimkan ke email saya ya (ichaprb.com@gmail.com)

    BalasHapus
  81. Mb minta file ya kirim ke fatmanooryuniar@gmail.com mkasih

    BalasHapus