DEFI SELFIA ANGGRAINI
NIM.824672763
Kelompok Belajar Tegaldlimo
UPBJJ - UT Jember
FKIP, Universitas Terbuka
Tahun 2015.2
RENCANA
PELAKSANAN PEMBELAJARAN
KELAS
RANGKAP
MODEL 221
Sekolah :
SDN 6 Sumberberas
Mata Pembelajaran : MTK Kelas 1
Semester I
IPA Kelas II S20emester
I
AlokasiWaktu : 2 x 30 ( Menit)
Jam
ke : 3
Hari / Tanggal :
Rabu , 4 November 2015
I.
StandarKompetensi
MTK Kelas I 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai
20.
IPA Kelas II : 1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh
hewan dan tumbuhan
pertumbuhan hewan dan tumbuhan , serta
berbagai tempat
hidup makhluk hidup .
II.
Kompetensi Dasar
MTK
Kelas I : 1.3 Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan
1.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
Penjumlahan.
IPA Kelas II : 1.2 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di
Sekitar rumah dan sekolah melalui
pengamatan
III.
Indikator
MTK Kelas I : 1.3.1 Menjelaskan cara menghitung penjumlahan
1.3.2.
Menjelaaskan cara menghitung pengurangan
IPA Kelas II : 1.2.1 Menyebutkan bagian-bagian
tubuh hewan
1.2.2 Menyebutkan cara perkembangbiakan
tumbuhan
IV.
Pokok materi
MTK Kelas 1 : Penjumlahan dan pengurangan .
IPA
Kelas II : Pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
IV.
Metodedan Model
Pembelajaran
1.
Diskusi
2.
Tanya jawab
3.
Pemberian tugas
V.
KegiatanPembelajaran
1.
Kegiatanawal (
10Menit ) ;
Ø Mengucapkan salam dan berdoa
Ø Presensi dan apersepsi
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiataninti ( 40
Menit )
Eksplorasi
Kelas I ( MTK )
Ø Guru menjelaskan tentang cara penjumlahan dan pengurangan bilangan
Ø Guru menyebutkan bilangan 1 sampai 20
Kelas II ( IPA ) :
Ø Guru menjelaskan tentang pertumbuhan hewan dan tumbuhan
Ø Siswa menjawab pertanyaan yang
di berikan guru tentang pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
Elaborasi
Kelas I ( MTK )
Ø Guru memberikan beberpa pertanyaan mengenai materi
yang telah di sampaikan.
Ø Guru memberi tugas kepada siswa tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan 20.
Ø Siswa mengerjakan tugas dari guru.
Kelas II
( IPA )
Ø Guru memberikan beberpa pertanyaan mengenai materi yang telah di sampaikan.
Ø Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa.
Ø Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membedakan pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
Konfirmasi
Dalam kegitan konfirmasi guru :
Ø Guru bertanya jawab tentang hal – hal yang belum di ketahui siswa.
Ø Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.
Kegiatan akhir
( 10 menit )
Ø Guru memberikan postest.
Ø Guru menyuruh siswa membuat rangkuman.
Ø Guru memberikan PR.
VI.
Sumberdan Media
Pembelajaran
MTK kelas 1
Ø Sumber Belajar : Buku MTK kelas
I hal 20 – 26,
oleh : CV SETI-AJI
Ø Media : Alat peraga / gambar
IPA
Ø Sumber Belajar : Buku IPA Kelas II hal 19 – 24, oleh : CV SETI-AJI
Ø Media : Gambar / alat peraga
VII.
Evaluasi Penilaian
Soal-soal latihan Matematika kelas 1
1.
7 + 4 =
2.
3 + 8 =
3.
5 + 1 =
4.
7 + 3 =
5.
9 + 5 =
KunciJawaban
1.
11
2.
11
3.
6
4.
10
5.
14
IPA
Soal- soal IPA kelas II
1.
Ayam berkembang biak dengan
cara ........................
2.
Kucing berkembang biak dengan
cara ......................
3.
Pertumbuhan pohon mangga
dimulai dari ....................
4.
Sebutkan dua contoh tumbuhan
yang berasal dari batang .....................
5.
Berikan 3 contoh hewan yang
beranak ................................
Kunci Jawaban
1.
Bertelur
2.
Beranak
3.
Dari biji
4.
Pohon singkong dan bambu
5.
Kambing, kucing, sapi .
VIII . PENILAIAN
1.
Prosedur penilaian
·
Tes akhir evaluasi
2.
Jenis penilaian
·
Tes tertulis (objektif / isian )
3.
Alat penilaian
·
Soal (terlampir)
·
Kunci jawaban
·
Pedoman penilaian
a
̶ x 100 = X
b
|
Keterangan :
a
: jumlah soal benar
b
: jumlah soal
x
: nilai
Banyuwangi
, 04 November 2015
Tutor Pembimbing Praktikan/mahasiswa
MUHAMAD HAKIM, Mpd. Defi
selfia anggraini
NIP . 1961090319 8201 1
013 NIM.
824672763
Mengetahui
Kepala Sekolah
IMAM SULTANI, S.Pd.
NIP. 19620414 198201 1 009
Soal Latihan Matematika kelas 1
2.
3 + 8 =
3.
5 + 1 =
4.
7 + 3 =
5.
9 + 5 =
Kunci Jawaban
1.
11
2.
11
3.
6
4.
10
5.
14
IPA
Soal- soal IPA kelas II
1.
Ayam berkembang biak dengan
cara ........................
2.
Kucing berkembang biak dengan
cara ......................
3.
Pertumbuhan pohon mangga
dimulai dari ....................
4.
Sebutkan dua contoh tumbuhan
yang berasal dari batang .....................
5.
Berikan 3 contoh hewan yang
beranak ................................
Kunci Jawaban
1.
Bertelur
2.
Beranak
3.
Dari biji
4.
Pohon singkong dan bambu
5.
Kambing, kucing, sapi .
Rencana Pensekoran
No soal
|
Keterangan
|
Skor/nilai
|
1
|
Benar
|
20
|
2
|
Benar
|
20
|
3
|
Benar
|
20
|
4
|
Benar
|
20
|
5
|
Benar
|
20
|
Penliaian :
Nilai
= (soal benar : butir soal) X 100
DATA SISWA KELAS 1
|
NOMOR
|
NAMA SISWA
|
L/P
|
|||
URUT
|
INDUK
|
||||
1
|
1402
|
AHMAD FAIRUZ AL MAKKI
|
L
|
||
2
|
1403
|
ALDO ARMANDA
|
L
|
||
3
|
1404
|
ARDIANSYAH KRISNA SP
|
L
|
||
4
|
1405
|
DESTY RAHMANDA
|
P
|
||
5
|
1406
|
IYAS PERDANA ABID PA
|
L
|
||
6
|
1407
|
IZZU NAHIRA ZEYYES S
|
P
|
||
7
|
1408
|
NADJWA AULIA R
|
P
|
||
8
|
1409
|
RADIT KURNIAWAN
|
L
|
||
9
|
1410
|
SHOFI MAULIDA Q
|
P
|
||
10
|
1411
|
PUTRI AYU RAMADHANI
|
P
|
||
DATA
SISWA KELAS II
NOMOR
|
NAMA SISWA
|
L/P
|
|
URUT
|
INDUK
|
||
1
|
1381
|
ACELLDY PRIANATA SYAH
|
L
|
2
|
1382
|
ALYA RAHMA ADYSTIA
|
P
|
3
|
1383
|
DWINA ASMAUL VITRI
|
P
|
4
|
1384
|
DIYO EGA SAPUTRA
|
L
|
5
|
1385
|
JIMMI ALMUJIT SETYAWAN
|
L
|
6
|
1386
|
LINTANG KEYSA NOVENSA
|
P
|
7
|
1387
|
LEVINA ZANETA MAHSA
|
P
|
8
|
1388
|
M.IMAM GUNTORO
|
L
|
9
|
1390
|
RANIA MUZALINA
|
P
|
10
|
1391
|
SAFA MARSA DIAN KAMILA
|
P
|
11
|
1392
|
WILDAN EKA SAPUTRA
|
L
|
12
|
1399
|
TESA DELA PUTRI FEBRIYANI
|
P
|
NAMA : AHMAD FAIRUZ AL
MAKKI
KELAS :I
1.
Apakah
siswa lebih senang ibu guru mengajar dengan cara biasanya atau
dengan cara saat bapak sedang praktek PKR ?Mengajar seperti biasa.
2.
Apakah
siswa merasa saat bapak guru sedang praktek terlihat bingung disbanding
biasanya ?Ya, Sedikit bingung.
3.
Siswa
paling senang saat bapak guru melakukan apa saat praktek ?Mengajarkan cara
berdiskusi
Lembar Refleksi Pelaksanaan Praktek Pembelajaran kelas rangkap
Gambaran situasi dan
kondisi SD tempat saya mengajar :
SD tempat
saya mengajar sedikit jauh dari jalan raya.Di kiri kanan SD tempat saya
mengajar ada beberapa pemukiman penduduk, namun setelahnya merupakan areal
persawahan yang sangat luas.Mata pencaharian masyarakat di lingkungan SD saya
adalah bertani.Siswa-siswi kami sangat bersemangat dalam menuntut ilmu, dilihat
dari seringnya mereka hadir saat waktu sekolah meskipun keadaan keluarga mereka
yang kurang berkecukupan.Hal ini membuat kami sangat bersemangat dalam
mengajar.
1.
Saya memilih melakukan praktek pembelajaran
kelas rangkap model 221, dengan alasan. agar mudah saat pengawasan dalam
proses pembelajaran.
2.
Perasaan saya saat melakukan praktek
pembelajaran kelas rangkap di kelas saya sendiri adalah. Sangat menarik dan
menambah pengalaman.
3.
masalah/kendala yang saya alami saat melakukan
praktek pembelajaran kelas rangkap di kelas saya sendiri adalah pembagian
waktu antara kelas 4 dan kelas 5.
4.
reaksi siswa yang saya perhatikan saat saya
melakukan praktek pembelajaran kelas rangkap adalah Siswa kadang saling
memperhatikan siswa dari kelas lain.
5.
menurut saya, PKR tidak sesuai untuk diterapkan
di kelas pada situasi dan kondisi seperti SD tempat saya mengajar.
Nama Saya : DEFI SELFIA ANGGRAINI
NIM : 824672763
Tempat
Mengajar : SDN 2 SUMBERBERAS
Jumlah Siswa
Saya : 12 siswa
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1
(APKG PKR PGSD 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
NAMA
GURU/MAHASISWA : DEFI SELFIA
ANGGRAINI
N
I M : 824672763
TEMPAT
MENGAJAR : SD NEGERI 2
SUMBERBERAS
MODEL
PKR : 221
KELAS/SEMESTER
: I / 1
II / 1
MATA
PELAJARAN :
I : MATEMATIKA
II : IPA
WAKTU : 2 X 35 MENIT
UPBJJ-UT : JEMBER
|
PETUNJUK
Baca dengan
cermat rancangan PKR yang
akan digunakan oleh guru/mahasiswa
ketika praktek PKR. Kemudian, nilailah semuaaspek yang terdapat dalam
RPP tersebut dengan menggunakan butir penilaiandi bawah
ini.
1.Menentukan
Bahan Pembelajaran dan Merumuskan Tujuan/indikator
1.1
Menggunakan bahan pembelajaran yang
sesuai dengan standar isi dan kompetisi.
1.2
Merumuskan tujuan/indicator pembelajaran
|
1 2 3 4 5
⃞⃞⃞v⃞⃞⃞
⃞⃞⃞v⃞⃞
Rata-rata butir 1 = A 4.5
|
2.Mengembangkan
dan mengorganisasikan materi, media(alat bantu pembelajaran), dan sumber
belajar
2.1 mengembangkan dan mengosganisasikan materi dari
model PKR yang dipilih
2.2
Menentukan dan mengembangkan media/alat bantu pembelajaran yang
relevan
2.3 Memilih sumber belajar
|
12 3 4 5
⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v⃞
Rata-rata butir 2 = B4.6
|
3. Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran
kelas rangkap
3.1 menyusun langkah-langkah pembelajaran kelas
rangkap
3.2
Menentukan alokasi waktu pembelajaran kelas rangkap
3.3 Menentukan cara-cara memotivasi siswa
|
1 2
3 4 5
⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v⃞
⃞⃞⃞v⃞⃞
Rata-rata butir 3 = C4.3
|
4. Merancang
pengelolaan kelas
4.1
Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar siswa dapat
berpartisipasi dalam pembelajaran kelas rangkap
|
1 2 34
5
⃞⃞⃞v⃞⃞
Rata-rata butir 4 = D 4
|
5. Merencanakan prosedur, jenis, dan
menyiapkan alat penilaian
5.1
Menentukan prosedur dan jenis penilaian
5.2 Membuat alat-alat penilaian dan kunci
jawaban
|
1 2
3 4
5
⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v⃞
Rata-rata butir 5 = E 4.5
|
6. Tampilan
dokumen Rencana Pembelajaran
6.1 Kebersihan dan kerapian
6.2 Penggunaan bahasa tulis
|
1 2 3 4 5
⃞⃞⃞⃞v⃞
⃞⃞⃞v⃞⃞
Rata-rata butir 6 = F 4.5
|
Nilai APKG 1 = R
A + B + C + D + E + F
R = =
6
|
Banyuwangi, 26 Oktober
2015
Pengamat
Tutor
Mohamad Hakim,M.Pd
NIP : 19610903 198201 1
013
FOTO KONSULTASI
SAAT PEMBUATAN RPKR
Lembar Penilaian Simulasi Pembelajaran Kelas Rangkap
IDENTITAS
1. NAMA MAHASISWA : DEFI SELFIA
ANGGRAINI
2. NIM :
824672763
3. MODEL PKR :
221
4. TEMA/TOPIK :
1. PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN 1-20
2. PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN
5. KELAS/SEMESTER : I /1
II/1
Berilah tanda check (v) pada salah satupilihan antara
skalapenilaian 1, 2, 3, 4, atau 5 sesuai hasil pengamatan tutor, dan isilah
dengan berapa menit para mahasiswa menghabiskan waktu simulasi untuk
masing-masing aspek perilaku yang ditampilkan. Apabila ada komentar khusus
mengenai aspek yang diamati dapat diuraikan pada kotak komentar di bawahnya.
ASPEK YANG
DIAMATI
|
SKALA
PENILAIAN
|
WAKTU
TAMPILAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
A.
PENDAHULUAN/KEGIATAN AWAL
|
||||||
1.
Menarik perhatian memotivasi
|
v
|
|||||
2.
Memberikan acuan
|
v
|
|||||
3.
Membuat kaitan
|
v
|
|||||
Rata-rata KW : N1 + N2 + N3 =
3.3
3
|
||||||
B.
PENYAJIAN/KEGIATAN INTI
|
||||||
1.
Penjelasan konsep/data/fakta/prinsip dengan
contoh/ilustrasi/demonstrasi.
|
v
|
|||||
2.
Tanya jawab/pemberian penguatan
|
v
|
|||||
3.
Pemberian tugas/latihan secara
individual/kelompok/evaluasi proses
|
v
|
|||||
4.
Ada supervisi saat siswa diberi tugas dan
balikan
|
v
|
|||||
Rata-rata KI : N1+N2+N3+N4 =
3.5
4
|
||||||
C.
PENUTUP/KEGIATAN AKHIR
|
||||||
1.
Peninjauan kembali
|
v
|
|||||
2.
Evaluasi hasil belajar/pemberian tindak lanjut
|
v
|
|||||
Rata-rata kk : N1+N2 = 3.5
2
|
KOMENTAR :
|
Banyuwangi, 7 November 2015
Tutor
Mohamad Hakim,M.Pd
NIP :
19610903 198201 1 013
Catatan :
KW =
rata-rata nilai kegiatan Awal.
KI =
rata-rata nilai kegiatan Inti.
KK =
rata-rata nilai kegiatan Akhir
Nilai Simulasi Pembelajaran Kelas
Rangkap/K :
K = KW + KI + KK = 3.4
3
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU
(APKG PKR PGSD 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
1. NAMA MAHASISWA : DEFI SELFIA ANGGRAINI
2. N I M
: 824672763
3. NAMA SEKOLAH : SD NEGERI 2 SUMBERBERAS
4. MODEL PKR : 221
5. KELAS/SEMESTER : I / 1
II / 1
6. MATA PELAJARAN : 1. MATEMATIKA
2. IPA
7. TOPIK : 1. PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN
1-20
2. PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN
8.
TANGGAL : 4 NOVEMBER 2015
9. KELOMPOK BELAJAR : TEGALDLIMO
10.
UPBJJ-UT
: JEMBER
|
PETUNJUK
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang
sedang berlangsung.
2. Pusatkan perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir
penilaian di bawah ini.
4. Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus
dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata
pelajaran yang sedang diajarkan.
A
|
Melakukan pembelajaran
a.Melaksanakan tugas rutin kelas.
b.Memulai kegiatan pembelajaran
c.Menggunakan ragam
kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa,
situasi, dan lingkungan
d.Melaksanakan kegiatan
dalam urutan yang logis dan sistematis.
e.Menggunakan sumber
belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa,
situasi, dan lingkungan.
f.Menggunakan media
belajar yang sesuai dengan indikator/tujuan, siswa,
situasi, dan lingkungan.
g.Menggunakan waktu
pembelajaran secara efisien.
h.Mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
1 2
3 4 5
⃞⃞⃞⃞v⃞
⃞⃞⃞⃞v⃞
⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v⃞
⃞⃞⃞⃞v⃞
⃞⃞⃞⃞v⃞
Rata-rata
butir 1 = P4.6
|
B
|
Mengelola interaksi kelas
a.Menunjukkan perhatian serta sikap
bersahabat, terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa.
b.Memicu dan memelihara keterlibatan
siswa
c.Melakukan
komunikasi secara efektif
|
1
2 34 5
⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v⃞
⃞⃞⃞v⃞⃞
Rata-rata
butir 2 = Q 4.3
|
Mendemonstrasikan kemampuan khusus
dalam pembelajaran mata pelajaran tertentu
a.
Bahasa Indonesia
1) Mendemonstrasikan penguasaan materi
bahasa Indonesia
2)
Memberikan latihan keterampilan berbahasa
3)
Memberikan latihan keterampilan mengapresiasi sastra
4) Mengembangkan kemampuan siswa
untuk berkomunikasi dan bernalar
5)
Memupuk kegemaran membaca
|
1
2 34 5
⃞⃞⃞⃞⃞
⃞⃞⃞⃞⃞
⃞⃞⃞⃞⃞
⃞⃞⃞⃞⃞
⃞⃞⃞⃞⃞⃞
Rata-rata
butir 3a = R⃞
|
|
b. Matematika
1)Menanamkan konsep matematika
melalui kegiatan manipulatif
2) Menguasai simbol-simbol matematika
3) Memberikan latihan penggunaan
konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari
|
1
2 34 5
⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v⃞
⃞⃞⃞v⃞⃞
Rata-rata
butir 3b = R 4.3
|
|
c. IPA
1)Mendemonstrasikan pembelajaran IPA
melalui pengalaman langsung
2)Meningkatkan keterlibatan siswa
melalui pengalaman langsung
3)Menerapkan
konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari.
4)
Menampilkan penguasaan IPA
|
1
2 34 5
⃞⃞⃞⃞⃞
⃞⃞⃞⃞⃞
⃞⃞⃞⃞⃞
⃞⃞⃞⃞⃞
Rata-rata
butir 3c=R ⃞
|
|
d. IPS
1)
Mengembangkan pemahaman konsep waktu
2)
Mengembangkan pemahaman konsep ruang
3)Mengembangkan pemahaman konsep
kelangkaan (scarcity)
|
1
2 34 5
⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v⃞
⃞⃞⃞⃞v⃞
Rata-rata
butir 3d=R 4.6
|
|
e.
PKN
1)
Menguasai konsep nilai, moral, dan norma Pancasila
2) Membangkitkan kesadaran tentang
nilai dan moral Pancasila serta kewarganegaraan
3)
Membangkitkan kepekaan nurani, percaya diri, empati, cinta kebaikan,
control diri, dan rasa tahu diri
|
1
2 34 5
⃞⃞⃞⃞⃞
⃞⃞⃞⃞⃞
⃞⃞⃞⃞⃞
Rata-rata
butir 3e = ⃞
|
|
D
|
Melaksanakan penilaian proses dan
hasil belajar
1) Melaksanakan penilaian selama
proses pembelajaran.
2)
Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran
|
1
2 34 5
⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v⃞
Rata-rata
butir = S 4.5
|
E
|
Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
1) peka terhadap kemampuan berbahasa
2) penampilan guru dalam pembelajaran kelas
rangkap
3) keefektifan pembelajaran kelas rangkap
|
1
2 34 5
⃞⃞⃞v⃞⃞
⃞⃞⃞⃞v⃞
⃞⃞⃞⃞v⃞
Rata-rata
butir = T 4.6
|
Catatan :
|
Nilai APKG 2 = S
S = P + Q + R + S + T =
5
S = Rata-rata Butir
|
Banyuwangi, 4
November 2015
Pengamat
Tutor
Mohamad
Hakim,M.Pd
NIP :
19610903 198201 1 013
TERIMA KASIH ATAS ILMUNYA . . . . . .
BalasHapusya sama-sama
Hapuskak minta filenya buat di download
Hapusmbak admin boleh minta kirim file nya?
HapusMBA BOLEH MINTA FLE NYA< NI EMAIL SAYA herfinike@gmail.com
Hapusboleh kirim file nya ke E-mail: ulaika52@gmail.com
HapusKak mintak file buat aq download
BalasHapussaya kirim di email tulis emailnya
Hapussdnbumimas1@gmail.com
Hapusmohon file nya mb
bisa minta filenya @ abiegrafer.herson@gmail.com
Hapusmb bisa minta file rpp kelas rangkPnya. tolong dikirim ke nesri.irsadiyah@gmail.com
Hapuspras4515@gmail.com
Hapusmbak bisa minta filenya?
Hapustolong kirim ke email ariancerambu14@gmail.com
kak boleh minta file nya? kirim ke email saya kak
Hapusellakhairunnisa28@gmail.com
terimakasih kak
KAK mohon maff boleh minta filenyaa,,
Hapusemail saya defelawatizona50@gmail.com
boleh minta filenya ndak kak ekaayuaurora@gmail.com
Hapusmba boleh minta filenya...minta dikirim ke email yah. niawuniarti1981@gmail.com
BalasHapusmba boleh minta filenya buat di download ?
BalasHapusSaya juga mohon bantuan nya mbak.minta donk file nya.
BalasHapusEmail saya santisriwulan83@gmail.com
BalasHapusminta file nya ya mbk, email saya wiwi.marwati82@gmail.com
BalasHapusterima kasih sblmnya y mbk
Saya minta filenya ya mbak. Email saya zaerinpark@gmail.com
BalasHapusMakasih banyak mbak.
mbak, saya tak minta filenya ya.. kirim ke stkhaton@gmail.com
BalasHapusterima kasih sebelumnya
Mbak, saya juga mau minta filenya..kirim ke nurameilina0305@gmail.com
BalasHapusMakasih ya mbak
Mbk bgi filenya,,, minta tolong di kirim ke email saya, evelinasinaga1801@gmail.com
BalasHapusBisa minta filenya
BalasHapusMbak boleh minta softcopy nya,boleh dikirim ke email aku lukmanaza19@gmail.com.thnk's ya mbak!
BalasHapusminta filenya mba, fatimahnajmatunisa@gmail.com
BalasHapusBAGI file nya donk ka
BalasHapusemail 123ekanokasitepu@gmail.com
bagi file dong mbak, email saya sitiavidatulchusnah@gmail.com
BalasHapusbagi filenya lah kak kristianitaleassen@gmail.com
BalasHapusMau dong Ka filenya, ke maulani165@gmail.com y, mksh
BalasHapusassalamu'alaikum ....
BalasHapusboleh minta file nya kk
emailnya: heri13091979@gmail.com
ditunggu ya k, makasih
Wassalmu'alaikum...
assalamualaikum, maaf boleh minta filenya kakak. emailnya: darakhoerunnisa25@gmail.com. terimakasih
BalasHapusMhon minta filenya kakak.
BalasHapusaliwafa599@gmail.com
bagi filenya donk mbak,trims
BalasHapuswimanx1@gmail.com
min minta file nya dong.
BalasHapusteguhpujianto0@gmail.com
minta failnya dong k, kirimin k umum91250@gmail.com
BalasHapusTlg saya dikirimi filenya dunk....ti2k_machmoeda@yahoo.com.
BalasHapusassalamualaikum kak.. boleh izin copas??? bisa minta tolong dikirim ke email saya kak.... saya123eka@gmail.com
BalasHapusthankss dikk for your file...
BalasHapusassalamualaikum kak.. boleh minta file nya gak kak
BalasHapushendrakanidi82@gmail.com
Minta file Kirim kak
BalasHapusminta file kk
BalasHapusMinta file kands
BalasHapusAssalamualaikum,, minta file'y mba ke email amistar74@gmail.com
BalasHapusAssalamualaikum...mba bs minta filenya kh?ririn.setyowati111@gmail.com
BalasHapusTerimakasih
mbak boleh mintak filenya mbak...mohon bantuannya y mbk...
BalasHapusKa boleh minta filenya tolong kirim ke heniyulia16@gmail.com
BalasHapusBagi saya file nya kaka klok boleh kirim ke email riadinia93@gmail.com
BalasHapuska mau file nya tolong kirimin ke email saya ya @dewiernawati239@gmail.com
BalasHapusijin download untuk tugas PKR. terima kasih banyak
BalasHapusassalamualaikum kak.. boleh minta file nya gak kak
BalasHapusfitrianililis2912@gmail.com
Terimakasih ilmunya
BalasHapusBisa minta filenya mbak???
Makasih atas ilmunya kak... bisa minta filenya kak ?
BalasHapusemail: sitiilfia32@gmail.com
Kak bisa minta file nya?
BalasHapusEmail rifkialfiatunhasanah03@gmail.com
bisa minta filenya ke jhonkrismanlimbong@gmail.com
BalasHapuskaka bisa minta filenya ?
BalasHapuska mau dong filenya, ini email saya dedekhoirunnisa9@gmail.com
BalasHapusMBA BISA MINTA FILENYA INI EMAIL SAYA anhysurianim357
BalasHapus@gmail.com
Boleh mnt file x kaka
BalasHapushello,bisakah saya meminta filenya
BalasHapusboleh minta filenya kak kirim ke email saya...
BalasHapusBoelh minta filenya kak kirim ke email saya.mksh
BalasHapusmintak filenya kak? buat tugas PKR d UT
BalasHapusnicorizkyfadhillah93@gmail.com
HapusAdmin bisa minta file contoh di atas
BalasHapusw3rumaisho@gmail.com
BalasHapusBoleh minta filenya kah kk
BalasHapuskak bs mnta file ke email sdn1kajoran@gmail.com
BalasHapusbisa minta file nya kak Oktaffianti@gmail.com
BalasHapusboleh minta filenya kak
BalasHapusini email saya kjwoon79@gmail.com
bagi filenya kak buat referensi
BalasHapusariefsetiawan900@gmail.com
Please bagi filenya kak
BalasHapusroryzw25@gmail.com
KAK bisa bagi file nya...
BalasHapusnaning9080@gmail.com
Kirim ke email saya donk file nya sinagajunita35@gmail.com
BalasHapusmnta file,kirim ke email saya
BalasHapusetto6291@gmail.com
bisa kirim filenya
BalasHapusSy boleh minta filenya? Kl boleh sy minta kirim ke email saya
BalasHapusmntak filenya, ne email saya
BalasHapusshanti.anlob@yahoo.com
kirim filenya kk
BalasHapussusantoseterang94@gmail.com
Saya boleh minta filenya? Ini email saya buditok235@gmail.com
BalasHapusBisa minta filenya?
BalasHapusBisa minta filenya kak? Ini e-mail saya
BalasHapusyerydiankusumawati@gmail.com
Kak boleh minta filenya. Ini email sy. mardianasrilestari@gmail.com
BalasHapusMINTA FILENYA KK
BalasHapusTerimakasih Atas Ilmunya
BalasHapuskk buleh minta filenya buat didowluod email saya baitinor89@gmail.com
BalasHapussiang mbah
BalasHapusminta filenya kah slx saya mau praktek
nc email saya theresiasareng3@gmail.com
mbah bisa minta contoh rpp PKR yang lain
BalasHapusnc emailnya theresiasareng3@gmail.com
mbk boleh mintak filenya
BalasHapusari.yanto1892@gmail.com
assalamualaikum wb..kk boleh minta filex
BalasHapushaenati81@gmail.com mkasi y kk
boleh minta fileny ya kak
BalasHapusdefelawatizona50@gmail.com
minta RPP nya dong kak, kirim ke dwiputrihastuti6@gmail.com
BalasHapusBagi filenya mnk arinidewi416@gmail.com
BalasHapusMinta filenya mbk tolong kirim ke email saua @della171097gmail.com
BalasHapusAssalamualaikum kak, boleh saya minta filenya? kebetulan saya harus mendalami RPP kelas rangkap Kels 1 dan 2. semoga kakak bisa bantu saya terimakasih
BalasHapusaijuariah1103@mail.com
aijuariah1103@gmail.com
HapusAssalamualaikum kak,,, minta file nya ini email saya sadarmanharefa26@gmail.com 🙏
BalasHapusAssalamualaikum kak minta filenya ini email saya ahmadroyandi97@gmail.com 🙏
BalasHapusKak minta filenya yah ini emailnya Khalimatun01@gmail.com
BalasHapusKak minta file nya dong . Kirim ke email suhetieti06@gmail.com
BalasHapusassalamu'alaikum kak apakah saya boleh minta filenya. tolong kirim ke email gilang.permata00@gmail.com terimakasih..
BalasHapusAssalamualaiku Kak... boleh minta file ny ?
BalasHapustolong kirim ke email : sugiartisri231@gmail.com
terimakasih sebelumnya
assalamu'alaikum kak apakah saya boleh minta filenya. tolong kirim ke email ( ikefadhilah64@gmail.com )
BalasHapusterimakasih sebelumnya kak
Kak minta file.nya.. tolong kirim ke maftukha367@gmail.com
BalasHapuskak minta tolong kirimkan filenya ke email hotmaulinadapdap010@gmail.com
BalasHapusAssalamualaikum, kak boleh minta file nya, jika berkenan tolong kirimkan ke email saya ya (ichaprb.com@gmail.com)
BalasHapusMb minta file ya kirim ke fatmanooryuniar@gmail.com mkasih
BalasHapusmau filenya donk bu
BalasHapus