Kamis, 19 Januari 2017

APKG semester 5

PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

1.
NAMA GURU/ MAHASISWA
: DEFI SELFIA ANGGRAINI
2.
N I M
:824672763
3.
TEMPAT MENGAJAR
:SD NEGERI 6 SUMBERBERAS
4.
MODEL PKR
: 221
5.
KELAS/ SEMESTER
:II/I
 III/I
6.
MATA PELAJARAN
: 1. MTK KELAS I


  2. IPA KELAS II
7.
WAKTU
: 2 X 30 MENIT
8.
TANGGAL
: 26 OKTOBER 2015

1.      Menentukan bahan pembelajaran
 dan merumuskan tujuan/ indikator          
1.1
 Menggunakan bahan pembelajaran  yang sesuai dengan standar isi dan kompetensi





1.2
Merumuskan tujuan/ indikator pembelajaran





Rata - rata butir 1 =  A


2.      Mengembangkan &
 mengorganisasikan materi, media
pembelajaran, dan sumber belajar.
2.1
Mengembangkan dan mengorganisasikan materidari model PKR yang telah dipilih





2.2
Menentukan dan mengembagkan alat bantu/ media pembelajaran





2.3
Memilih sumber belajar





Rata - rata butir  2 = B








3.      Merencanakan skenario kegiatan
pembelajaran kelas rangkap
3.1
Menyususn langkah - langkah pembelajaran kelas rangkap





3.2
Menentukan alokasi waktu pembelajaran kelas rangkap





2.3
Menentukan cara - cara memotivasi siswa





Rata - rata butir  3  = C


4.      Merancang pengelolaan kelas
Menentukan cara - cara  pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran kelas rangkap





Rata - rata butir 4 = D


5.      Merencanakan prosedur, jenis, dan
menyiapkan alat penilaian
5.1
Menentukan prosedur  dan jenis penilaian





5.2
Membuat alat - alat penilaian





Rata - rata butir  5  = E




6.      Tampilan dokumen rancangan
Pembelajaran kelas rangkap
6.1
Kebersihan dan kerapian





6.2
Penggunaan bahasa tulis





Rata - rata butir  6  = F







Banyuwangi, 26 Oktober 2015
Tutor



MOHAMAD HAKIM,M.Pd
NIP. 19610903 198201 1 013



Nilai  APKG 1 = R
R = A+B+C+D+E+F  =
6
R = Rata – rata butir








ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU II (APKG II)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
1.
NAMA MAHASISWA
:
DEFI SELFIA ANGGRAINI
2.
N I M
:
824672763
3.
ALAMAT SEKOLAH
:
SD NEGERI 6 SUMBERBERAS
4.
MODEL PKR
:
221
5.
KELAS/ SEMESTER
:


I DAN II/I
6.
MATA PELAJARAN
:
1.     MTK KELAS I

2.     IPA KELAS II
7.
TOPIK
:
1.PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN 1-20
1.PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN
8.
TANGGAL
:
04 NOVEMBER 2015
9.
KELOMPOK BELAJAR
:
TEGALDLIMO
10.
UBPJJ-UT
:
JEMBER



1.      Melakukan  pembelajaran
a.
Melakukan tugas rutin





b.
Memulai kegiatan pembelajaran





c.
Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi, dan lingkungan.





d.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara iindividual, kelompok, atau klasikal





e.
Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/ tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan.





f.
Menggunakan media belajar yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan





g.
Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien





h.
Mengakhiri kegiatan pembelajaran





Rata - rata butir 1  = P


2.      Mengelola interaksi kelas
a.
Menunjukkan perhatian  serta sikap bersahabat, terbuka, dan penuh perhatian kepada perhatian





b.
Memicu dan memelihara keterlibatan siswa





c.
Melakukan komunikasi secara efektif





Rata - rata butir 2  = Q



3.      Mendemonstrasikan kemampuan
khusus dalam pembelajaran kelas
ragkap (isi yang sesuai dengan
RP PKR yang sedang dinilai)

a.      Bahasa Indonesia
1.
Mendemonstrasiskan penguasaan materi bahasa Indonesia





2.
Memberikan latihan keterampilan berbahasa





3.
Mengembangkan kemampuan siswa untukn berkomunikasi dan bernalar





Rata - rata butir 3.a = R


b.      Matematika
1.
Menambahkan konsep matematika melalui kegiatan manipulatif





2.
Menguasai simbol - simbol matematika





3.
Memberikan latihan penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari - hari





Rata - rata butir 3.b = R











c.       IPA
1.
Mendemonstrasikan pembelajara IPA melalui pengalaman langsung





2.
Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman langsung





3.
Menampillkan penguasaan IPA





Rata - rata butir 3.C = R


d.      IPS
1.
Mengembangkan pemahaman konsep waktu





2.
Mengembangkan pemahaman konsep ruang





3.
Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan





Rata - rata butir 3.d = R


e.       PKN
1.
Ketepatan menggunakan istilah - istilah khusus dan konsep dalam pendidikan kewarganegaraan





2.
Penguasaan materi pendidikan kewarganegaraan





3.
Menerapkan konsep pendidikan kewarganegaraan dalam kehidupan sehari - hari





Rata – rata butir 3.e = R






4.      Melaksanakan penilaian proses
dan hasil belajar
a.
Melaksanakan penilaian selama proses pembelajara





b.
Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir pembelajaran





Rata - rata  butir4 = S


5.      Kesan umum pelaksanaan
pembelajaran kelas rangkap
a.
Peka terhadap kemampuan berbahasa





b.
Penampilan guru dalam pembelajaran kelas rangkap





c.
Keefektifan pembelajaran kelas rangkap





Rata - rata butir 5 = T


Catatan  singkat pengamat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran kelas rangkap, serta saran perbaikan.

NILAI APKG 2 = K
K = P+Q+R+S+T =
            5
K = Rata – rata Butir
 





Banyuwangi, 04 November 2015
 Pengamat
Tutor



MOHAMAD HAKIM,M.Pd
NIP. 19610903 198201 1 013


Lembar Penilaian Simulasi Pembelajaran Kelas Rangkap
IDENTITAS
1.      NAMA MAHASISWA         : DEFI SELFIA ANGGRAINI
2.      NIM                                        : 824672763
3.      MODEL PKR                         : 221
4.      TEMA/ TOPIK                       : 1.PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN 1-2                                                              2.PERLEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN
5.      KELAS/ SEMESTER             :   1/1
                                                       : 11/1
Berilah tanda check (v) pada salah satu pilihan antara skala penilaian 1,2,3,4, atau 5 sesuai hasil pengamatan tutor, dan isilah dengan beberapa menit para mahasiswa menghabiskan waktu simulasi untuk masing – masing aspek perilaku yang ditampilkan . Apabila ada komentar khusus mengenai aspek yang diamati dapat diuraikan  pada kotak komentar dibawahnya.
ASPEK YANG DIAMATI
SKALA PENILAIAN
WAKTU TAMPILAN
1
2
3
4
5
A.PENDAHULUAN/KEGIATAN AWAL






1.Menarik Perhatian/ Memotivasi






2.Memberikan Acuan






3.Membuat Kaitan






Rata – rata KW : N1+N2+N3
                                  3






B.PENYAJIAN/KEGIATAN INTI






1.Penjelasan
   Konsep/ data / fakta/ prinsip dengan contoh / ilusttrasi/
   demonstrasi.






2.Tanya – jawab / pemberian penguatan.






3.Pemberian tugas/ latihan secara individual/ kelompok/
evaluasi proses.






4.Ada Supervisi saat siswa diberi tugas dan balikan






Rata – rata KI : N1+N2+N3+N4
                                    4






C. PENUTUP/KEGIATAN AKHIR






1.Peninjauan kembali






2.Evaluasi belajar / pemberian tidak lanjut






Rata – rata KK : N1+N2
                              2














Banyuwangi, 07 November 2015
Teman sejawat


ELLA BAYU CHICHILIA
NIM.824704766


 










Catatan :
KW = Rata- rata nilai kegiatan awal
KI   =  Rata – rata nilai kegiatan inti
KK  = Rata – rata nilai kegiatan akhir

Nilai Simulasi Pembelajaran Kelas Rangkap/ K :
K = KW+KI+KK =

                 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar