PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
1.
|
NAMA GURU/ MAHASISWA
|
: DEFI SELFIA ANGGRAINI
|
2.
|
N I M
|
:824672763
|
3.
|
TEMPAT MENGAJAR
|
:SD NEGERI 6 SUMBERBERAS
|
4.
|
MODEL PKR
|
: 221
|
5.
|
KELAS/ SEMESTER
|
:II/I
III/I
|
6.
|
MATA PELAJARAN
|
: 1. MTK KELAS I
|
2.
IPA KELAS II
|
||
7.
|
WAKTU
|
: 2 X 30 MENIT
|
8.
|
TANGGAL
|
: 26 OKTOBER 2015
|
1.
Menentukan
bahan pembelajaran
dan merumuskan tujuan/ indikator
1.1
|
Menggunakan
bahan pembelajaran yang sesuai dengan
standar isi dan kompetensi
|
|||||||||
1.2
|
Merumuskan tujuan/ indikator pembelajaran
|
|||||||||
Rata -
rata butir 1 = A
|
2.
Mengembangkan
&
mengorganisasikan materi, media
pembelajaran,
dan sumber belajar.
2.1
|
Mengembangkan dan mengorganisasikan materidari model
PKR yang telah dipilih
|
|||||||||
2.2
|
Menentukan dan mengembagkan alat bantu/ media
pembelajaran
|
|||||||||
2.3
|
Memilih sumber belajar
|
|||||||||
Rata -
rata butir 2 = B
|
3.
Merencanakan skenario kegiatan
pembelajaran kelas
rangkap
3.1
|
Menyususn langkah - langkah pembelajaran kelas
rangkap
|
|||||||||
3.2
|
Menentukan alokasi waktu pembelajaran kelas rangkap
|
|||||||||
2.3
|
Menentukan cara - cara memotivasi siswa
|
|||||||||
Rata -
rata butir 3 = C
|
4.
Merancang pengelolaan kelas
Menentukan cara - cara pengorganisasian siswa agar dapat
berpartisipasi dalam pembelajaran kelas rangkap
|
|||||||||
Rata -
rata butir 4 = D
|
5.
Merencanakan prosedur, jenis, dan
menyiapkan alat
penilaian
5.1
|
Menentukan prosedur
dan jenis penilaian
|
|||||||||
5.2
|
Membuat alat - alat penilaian
|
|||||||||
Rata -
rata butir 5 = E
|
6.
Tampilan dokumen rancangan
Pembelajaran kelas
rangkap
6.1
|
Kebersihan dan kerapian
|
|||||||||
6.2
|
Penggunaan bahasa tulis
|
|||||||||
Rata -
rata butir 6 = F
|
Banyuwangi,
26 Oktober 2015
Tutor
MOHAMAD
HAKIM,M.Pd
NIP.
19610903 198201 1 013
|
Nilai
APKG 1 = R
R = A+B+C+D+E+F =
6
R = Rata – rata butir
|
ALAT
PENILAIAN KEMAMPUAN GURU II (APKG II)
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
1.
|
NAMA
MAHASISWA
|
:
|
DEFI
SELFIA ANGGRAINI
|
2.
|
N I M
|
:
|
824672763
|
3.
|
ALAMAT
SEKOLAH
|
:
|
SD NEGERI
6 SUMBERBERAS
|
4.
|
MODEL PKR
|
:
|
221
|
5.
|
KELAS/
SEMESTER
|
:
|
I DAN II/I
|
6.
|
MATA
PELAJARAN
|
:
|
1. MTK KELAS I
|
2.
IPA KELAS II
|
|||
7.
|
TOPIK
|
:
|
1.PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN 1-20
1.PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN
|
8.
|
TANGGAL
|
:
|
04
NOVEMBER 2015
|
9.
|
KELOMPOK
BELAJAR
|
:
|
TEGALDLIMO
|
10.
|
UBPJJ-UT
|
:
|
JEMBER
|
1.
Melakukan pembelajaran
a.
|
Melakukan
tugas rutin
|
|||||||||
b.
|
Memulai
kegiatan pembelajaran
|
|||||||||
c.
|
Menggunakan
ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi,
dan lingkungan.
|
|||||||||
d.
|
Melaksanakan
kegiatan pembelajaran secara iindividual, kelompok, atau klasikal
|
|||||||||
e.
|
Menggunakan
sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/ tujuan, siswa, situasi, dan
lingkungan.
|
|||||||||
f.
|
Menggunakan
media belajar yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan
|
|||||||||
g.
|
Menggunakan
waktu pembelajaran secara efisien
|
|||||||||
h.
|
Mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
|||||||||
Rata - rata butir 1 = P
|
2.
Mengelola
interaksi kelas
a.
|
Menunjukkan
perhatian serta sikap bersahabat,
terbuka, dan penuh perhatian kepada perhatian
|
|||||||||
b.
|
Memicu dan
memelihara keterlibatan siswa
|
|||||||||
c.
|
Melakukan
komunikasi secara efektif
|
|||||||||
Rata - rata butir 2 = Q
|
3.
Mendemonstrasikan
kemampuan
khusus dalam
pembelajaran kelas
ragkap (isi yang sesuai
dengan
RP PKR yang sedang
dinilai)
a.
Bahasa
Indonesia
1.
|
Mendemonstrasiskan
penguasaan materi bahasa Indonesia
|
|||||||||
2.
|
Memberikan
latihan keterampilan berbahasa
|
|||||||||
3.
|
Mengembangkan
kemampuan siswa untukn berkomunikasi dan bernalar
|
|||||||||
Rata - rata butir 3.a = R
|
b.
Matematika
1.
|
Menambahkan
konsep matematika melalui kegiatan manipulatif
|
|||||||||
2.
|
Menguasai
simbol - simbol matematika
|
|||||||||
3.
|
Memberikan
latihan penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari - hari
|
|||||||||
Rata - rata butir 3.b = R
|
c.
IPA
1.
|
Mendemonstrasikan
pembelajara IPA melalui pengalaman langsung
|
|||||||||
2.
|
Meningkatkan
keterlibatan siswa melalui pengalaman langsung
|
|||||||||
3.
|
Menampillkan
penguasaan IPA
|
|||||||||
Rata - rata butir 3.C = R
|
d.
IPS
1.
|
Mengembangkan
pemahaman konsep waktu
|
|||||||||
2.
|
Mengembangkan
pemahaman konsep ruang
|
|||||||||
3.
|
Mengembangkan
pemahaman konsep kelangkaan
|
|||||||||
Rata - rata butir 3.d = R
|
e.
PKN
1.
|
Ketepatan
menggunakan istilah - istilah khusus dan konsep dalam pendidikan
kewarganegaraan
|
|||||||||
2.
|
Penguasaan
materi pendidikan kewarganegaraan
|
|||||||||
3.
|
Menerapkan
konsep pendidikan kewarganegaraan dalam kehidupan sehari - hari
|
|||||||||
Rata – rata butir 3.e = R
|
4.
Melaksanakan
penilaian proses
dan hasil belajar
a.
|
Melaksanakan
penilaian selama proses pembelajara
|
|||||||||
b.
|
Melaksanakan
penilaian hasil belajar pada akhir pembelajaran
|
|||||||||
Rata - rata butir4 = S
|
5.
Kesan
umum pelaksanaan
pembelajaran kelas rangkap
a.
|
Peka
terhadap kemampuan berbahasa
|
|||||||||
b.
|
Penampilan
guru dalam pembelajaran kelas rangkap
|
|||||||||
c.
|
Keefektifan
pembelajaran kelas rangkap
|
|||||||||
Rata -
rata butir 5 = T
|
Catatan singkat pengamat tentang kekuatan dan
kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran kelas rangkap, serta
saran perbaikan.
|
NILAI APKG 2 = K
K = P+Q+R+S+T
=
K = Rata – rata Butir
|
Banyuwangi,
04 November 2015
Pengamat
Tutor
MOHAMAD
HAKIM,M.Pd
NIP. 19610903
198201 1 013
|
Lembar Penilaian Simulasi
Pembelajaran Kelas Rangkap
IDENTITAS
1. NAMA
MAHASISWA : DEFI SELFIA ANGGRAINI
2. NIM : 824672763
3. MODEL
PKR : 221
4.
TEMA/ TOPIK : 1.PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN 1-2 2.PERLEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN
5. KELAS/
SEMESTER :
1/1
:
11/1
Berilah tanda
check (v) pada salah satu pilihan antara skala penilaian 1,2,3,4, atau 5 sesuai
hasil pengamatan tutor, dan isilah dengan beberapa menit para mahasiswa
menghabiskan waktu simulasi untuk masing – masing aspek perilaku yang
ditampilkan . Apabila ada komentar khusus mengenai aspek yang diamati dapat
diuraikan pada kotak komentar
dibawahnya.
ASPEK YANG DIAMATI
|
SKALA PENILAIAN
|
WAKTU TAMPILAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
A.PENDAHULUAN/KEGIATAN AWAL
|
||||||
1.Menarik Perhatian/ Memotivasi
|
||||||
2.Memberikan Acuan
|
||||||
3.Membuat Kaitan
|
||||||
Rata – rata KW :
N1+N2+N3
3
|
||||||
B.PENYAJIAN/KEGIATAN INTI
|
||||||
1.Penjelasan
Konsep/
data / fakta/ prinsip dengan contoh / ilusttrasi/
demonstrasi.
|
||||||
2.Tanya – jawab / pemberian penguatan.
|
||||||
3.Pemberian tugas/ latihan secara individual/
kelompok/
evaluasi proses.
|
||||||
4.Ada Supervisi saat siswa diberi tugas dan
balikan
|
||||||
Rata – rata KI : N1+N2+N3+N4
4
|
||||||
C. PENUTUP/KEGIATAN AKHIR
|
||||||
1.Peninjauan kembali
|
||||||
2.Evaluasi belajar / pemberian tidak lanjut
|
||||||
Rata – rata KK : N1+N2
2
|
|
Catatan :
KW = Rata- rata
nilai kegiatan awal
KI =
Rata – rata nilai kegiatan inti
KK = Rata – rata nilai kegiatan akhir
Nilai Simulasi
Pembelajaran Kelas Rangkap/ K :
K = KW+KI+KK
=
3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar