LAPORAN PRAKTEK
MATA KULIAH
PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN
KODE : PDGK 4306
Disusun Oleh :
NAMA : DEFI SELFIA ANGGRAINI
NIM :
UPBJJ-UT : JEMBER
POKJAR TEGALDLIMO – KAB.BANYUWANGI
MASA REGISTRASI 2016.2
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan
Praktik Pembelajaran Keaksaraan Fungsional ini sebagai syarat bahwa sudah
mengikuti Mata Kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan.
Diserahkan
pada :
Hari : Jum’at
Tanggal : 18
Bulan : November
Tahun : 2016
Jember,
18 November 2016
Tutor Mahasiswa
GIYONO,S.Pd . M.Pd. DEFI
SELFIA ANGGRAINI
NIP.- NIM
: -
Mengetahui
Pokjar
Tegaldlimo
Drs. SAEAN
NIP
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillahirobbil
alamin puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah
Swt yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayahnya, sehingga saya dapat
menyelesaikan penyusunan Laporan praktik pembelajaran keaksaraan fugsional melalui
program Pemberantasan Buta Aksara (PBA).
Penyusunan laporan ini saya
ajukan guna memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan.
Saya sampaikan
terimakasih kepada Bapak
GIYONO,S.Pd.M.Pd selaku tutor
pembimbing mata kuliah pembelajaran berwawasan kemasyarakatan,warga belajar,
kedua orang tua saya, serta semua pihak yang membantu jalannya kegiatan
penelitian ini.
Dengan
kerendahan hati saya mengakui bahwa laporan ini masih mengalami banyak
kekurangan, untuk itu saya harap kritik dan saran yang bersifat membangun.
Tegaldlimo,
18 November 2016
Penulis
DEFI SELFIA ANGGRAINI
NIM
:
DAFTAR ISI
Halaman judul
Lembar Pengesahan
.........................................................................................
Kata Pengantar .........................................................................................
Daftar Isi
.........................................................................................
BAB I Pendahuluan
.........................................................................................
Latar Belakang
………………………………………………………..
Tujuan Belajar
……………………………………………………….
Manfaat……………………………………………………………….
BAB II Pembahasan ………………………………………………………….
Formulir Data Pribadi Warga Belajar ...................................................
Identitas mahasiswa
……………………………………………………
Daftar Calon Warga Belajar
.................................................................
Tentang Kemampuan Awal CALISTUNG ..........................................
Penilaian Awal Keaksaraan Fungsional Warga Belajar
........................
Identifikasi Masalah dan Potensi Lingkungan
Keaksaraan ..................
Hasil Identifikasi
Kemampuan Awal dan Kebutuhan Serta
Minat WB
....................................................................................
Kesepakatan Warga Belajar
..................................................................
Rencana Kegiatan Pembelajaran
...........................................................
Laporan
Akhir Kegiatan Pembelajaran ..................................................
BAB III Penutup
..................................................................................................
Kesimpulan ……………………………………………………………
Saran
…………………………………………………………………..
Harapan ………………………………………………………………..
Lampiran
Foto
Kegiatan Pembelajaran
Soal
Ujian Fungsional
Format
Rekapitulasi Penilaian kemampuan fungsional
Sukma
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam
rangkaian progam pembebasan buta aksara di Desa
Wringinpitu, Kec. Tegaldlimo. Saya
melaksanakan Progam
Pemkab Banyuwangi yaitu
pembebasan buta aksara yang bekerja sama dengan kantor kelurahan mengadakan Progam Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan atau
keaksaraan fungsional. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan selama dua bulan
ini diharapkan mampu mengurangi buta aksara yang diikuti warga belajar. Serta
memberi warga belajar tambahan pengetahuan tentang potensi-potensi yang ada
didaerahnya dan juga membekali sekaligus mengasah keterampilan yang dimiliki
warga belajar.
B.
Tujuan Belajar
Hasil pembelajaran keaksaraan fungsional
ini diharapkan
1.
Warga
belajar dapat membaca, menulis, dan menghitung
2.
Warga
belajar dapat pengetahuan yang lebih
3.
Warga
belajar lebih tahu akan potensi yang ada di lingkunganya.
4.
Warga
belajar mendapatkan pengalaman baru.
C.
Manfaat
Dalam pembelajaran keaksaraan fungsional
ini banyak manfaat yang diperoleh,
selain kita dapat membantu pemerintah dalam progam pembebasan buta aksara, kita
sebagai tutor juga lebih mengenal warga belajar lebih dekat, mengetahui bagaimana
kehidupan warga, apa alasanya warga mengikuti pembelajaran ini. Dan bagi Warga
Belajar mereka dapt membaca, menulis dan berhitung, dan bagi tutor dan WB akan
mendapatkan pengalaman baru yang belum
FORMULIR DATA PRIBADI WARGA BELAJAR
NAMA :JEMINEM
Tanggal lahir :
15 – 11 - 1953
Tempat lahir :
Banyuwangi
Umur :
63 Tahun
Jenis Kelamin :
Perempuan
Alamat :
RINGIN ANOM
RT/RW :
001/001 Desa
: Wringinpitu,
Kecamatan : Tegaldlimo
Status
dalam keluarga : Istri
Status
Perkawinan : kawin
Pekerjaan : Petani/Pekebun
Ketrampilan
yang dimiliki : Membuat Soto Ayam
IDENTITAS MAHASISWA
Nama : DEFI SELFIA ANGGRAINI
NIM :
Program Studi : S1 PGSD
Pokjar : TEGALDLIMO
Kab/Kota : BANYUWANGI
UPBJJ-UT : JEMBER
Tegaldlimo,
14 Oktober 2016
Pengisi
Data
DEFI SELFIA ANGGRAINI
NIM
:
DAFTAR CALON WARGA BELAJAR
PROGRAM PEMBERANTASAN BUTA AKSARA (PBA)
UPBJJ-UT : JEMBER MASA REGISTRASI : 2016.2
KABUPATEN/KOTA : BANYUWANGI TANGGAL : 14 Oktober
NO
|
NAMA
|
UMUR
|
KANCAM
|
1.
|
JEMINEM
|
63 TAHUN
|
TEGALDLIMO
|
2.
|
SUDIRO
|
73 TAHUN
|
TEGALDLIMO
|
3.
|
SUTIYAH
|
43 TAHUN
|
TEGALDLIMO
|
4.
|
SUTIYEM
|
40 TAHUN
|
TEGALDLIMO
|
5.
|
MARSITO
|
44 TAHUN
|
TEGALDLIMO
|
Pengelola Pokjar
Tegaldlimo Mahasiswa
Drs. SAEAN DEFI SELFIA ANGGRAINI
NIP. NIM
:
TENTANG
KEMAMPUAN AWAL CALISTUNG WARGA BELAJAR
Nama Warga Belajar : JEMINEM
Keterampilan Calistung
|
Menguasai
|
Tidak Menguasai
|
Keterangan
|
A.
Membaca (Sesuaikan dengan standar
kompetensi keaksaraan tingkat
dasar )
|
-
|
-
|
-
|
1.
Belum kenal
huruf sama sekali atau sebagian saja
|
ü
|
|
Sebagian mengenal
|
2.
Kenal huruf, tetapi belum dapat membaca rangkaian
huruf menjadi satu kata
|
ü
|
|
Sebagian bisa
|
3.
Sudah membaca
kata, tetapi terpatah patah
|
ü
|
|
Iya
|
4.
Sudah membaca
dengan benar
|
ü
|
|
Sebagian kecil
|
5.
Membaca
paragraf pendek dengan lancar
|
|
ü
|
Belum bisa
|
6.
Memahami
makna setiap kata yang dibaca dengan benar
|
ü
|
|
Sebagian kecil
|
B.
Menulis (Sesuaikan dengan standar kompetensi keaksaraan tingkat
dasar)
|
-
|
-
|
-
|
1.
Tidak dapat
menulis
|
ü
|
|
Belum begitu lancar
|
2.
Mencontoh
tulisan dari kertas lain/menyalin tulisan
|
ü
|
|
Menyalin tulisan cukup baik
|
3.
Dapat menulis
huruf menjadi, tetapi perlu bantuan untuk mengeja huruf demi huruf
|
ü
|
|
Cukup baik
|
4.
Menulis
kalimat sendiri
|
ü
|
|
Belum begitu bisa
|
5.
Menulis
paragraf sendiri
|
|
ü
|
Perlu bantuan untuk menulis paragraf sendiri
|
C.
Berhitung (Sesuaikan dengan standar kompetensi keaksaraan tingkat
dasar)
|
-
|
-
|
-
|
1.
Mengenal
angka satuan, puluhan, ratusan, ribuan
|
ü
|
|
Mengenal angka dan nominal
uang dengan baik
|
2.
Menjumlah dan
mengurang di luar kepala
|
ü
|
|
Cukup baik
|
3.
Menjumlah,
mengurang, dan menuliskannya dengan menggunakan lambang + dan -
|
ü
|
|
Cukup baik
|
4.
Mengali dan
membagi diluar kepala
|
ü
|
|
Cukup baik
|
5.
Mengali,
membagi dan menuliskannya (menggunakan lambang x dan :
|
|
ü
|
Belum Menguasai dengan
baik
|
PENILAIAN AWAL KEAKSARAAN FUNGSIONAL WARGA BELAJAR
Nama Warga Belajar : JEMINEM
Usia :63
Tahun
Jenis Kelamin :
Perempuan
Pendidikan Terakhir : TAMAT SD / SEDERAJAT
Jumlah Keluarga : 3
Keterampilan/pekerjaan
yang dimiliki warga belajar :
- Petani/Pekebun
Keterampilan
yang diminati warga belajar :
- Membuat Soto Ayam
Kemampuan baca,
tulis, dan hitung warga belajar secara umum :
- Kemampuan baca, tulis, dan hitung belum terlalu baik dan masih perlu
peningkatan belajar lebih giat lagi.
Harapan/keinginan
warga belajar setelah mengikuti pembelajaran keaksaraan fungsional :
- Ingin
Menambah kemampuan mengenai baca, tulis dan hitung serta keterampilan yang
lain.
IDENTIFIKASI
MASALAH DAN POTENSI LINGKUNGAN KEAKSARAAN
Nama
Warga Belajar : JEMINEM
NO
|
Kontekssosial/lingkungan
|
masalah
|
potensi
|
1.
|
Berita/Informasi
|
Informasi cukup baik
|
Televisi, dan Radio
|
2.
|
Ekonomi
|
Sebagai petani Pendapatan hanya saat panen
|
-
|
3.
|
Kesehatan
|
Kesehatan baik
|
-
|
4.
|
Lingkungan
|
Lingkungan cukup baik
|
Toleransi antar umat beragama cukup baik
|
5.
|
Ativitas Produksi
|
Tidak ada aktifitas produksi
|
-
|
KESEPAKATAN BELAJAR
Nama
Pokjar :
POKJAR TEGALDLIMO
Alamat
Pokjar : Jl.
Kalipait No.82 Desa Tegaldlimo Kec. Tegaldlimo
Nama
Tutor : DEFI SELFIA ANGGRAINI
Jumlah
Warga Belajar : 5 Orang
Waktu
Belajar : 4 kali,
seminggu
Hari minggu, senin , rabu, dan jum’at
Pukul
15.00
s.d 16.00
WIB.
Materi
yang diminati WB
|
Jumlah pertemuan
|
Nara
Sumber/Bahan/Media
|
1.
Mengenal huruf
Alphabet
|
1 kali pertemuan
|
Buku Pintar CALISTUNG
|
2.
Membuat
kerajinan tangan dari bungkus kopi dan ale-ale
|
1 Kali pertemuan
|
Buku panduan membuat kerajinan tangan.
|
3.
Membuat tempe
|
1 kali pertemuan
|
Buku panduan membuat tempe
|
Nama Warga Belajar
|
Tanda Tangan
|
1. JEMINEM
|
1.
|
2. SUDIRO
|
2.
|
3. SUTIYAH
|
3.
|
4. SUTIYEM
|
4.
|
5. MARSITO
|
5.
|
Mengetahui
Pengelola Tutor/penguji
Drs SAEAN DEFI SELFIA ANGGRAINI
NIP. 1 NIM.
RENCANA
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nama
Kelompok Belajar : RINGIN ANOM
Topik
Belajar :
Mengenal huruf Alphabet A-Z, vokal, Konsonan dan menulis dan membaca kalimat
pendek.
Tanggal
Pertemuan/waktu
|
Materi
|
Strategi Belajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Bahan
dan Media Belajar
|
16 Oktober 2016
1
Jam
|
Huruf
|
Mengenalkan Huruf Alphabets mulai A-Z
|
-
Belajar
Membaca huruf secara bergiliran
-
Belajar
Menulis huruf A-Z di buku masing-masing
|
Papan Tulis, dan spidol, buku tulis dan pensil.
|
17 Oktober 2016
1 Jam
|
Huruf
|
Mengenal
huruf vokal dan huruf konsonan
|
-
WB latihan
menghafal huruf A-Z.
-
Tutor
mengenalkan huruf vokal dan konsonan kepada WB.
-
WB maju
kedepan dengan menunjukkan huruf yang disebutkan tutor
|
Papan
tulis, spidol dan
penggaris.
|
19 Oktober 2016
1 Jam
|
Menulis
dan Membaca kalimat pendek
|
Membuat kelompok belajar
|
-
WB
menggabungkan huruf vokal dan konsonan sehingga menjadi kalimat pendek.
-
WB membacakan
bunyi huruf yang telah digabungkan.
|
Buku
dan pensil
|
21 Oktober 2016
1 Jam
|
Menulis
|
Menulis
kata-kata yang berhubungan dengan sekitarnya
|
-
Belajar
menulis benda- benda yang ada disekitarnya.
-
Warga belajar
latihan.
|
Buku,
Pensil dan benda-benda yang ada disekitar.
|
RENCANA
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nama
Kelompok Belajar : RINGIN ANOM
Topik Belajar : Mengenal
Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan pembagian.
Tanggal Pertemuan/waktu
|
Materi
|
Strategi Belajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Bahan dan media belajar
|
23 oktober 2016
1
Jam
|
Penjumlahan
|
-
Penerapan
berhitung dengan penjumlahan (+)
|
-
WB menerapkan
bagaimana cara menghitung penjumlahan dengan benar.
|
-
Papan tulis
dan spidol.
-
Buku Pintar
Matematik.
-
Buku tulis
dan pensil
|
24 oktober 2016
1 Jam
|
Pengurangan
|
-
Penerapan
berhitung dengan pengurangan (-)
|
-
WB menerapkan
bagaimana cara menghtung pengurangan dengan benar.
-
WB Latihan.
|
-
Papan tulis
dan spidol.
-
Buku Pintar
Matematik.
-
Buku tulis
dan pensil
|
26 oktober 2016
1 Jam
|
Perkalian
|
-
Penerapan
berhitung dengan perkalian (x).
|
-
WB Menerapkan
bagaimana cara menghitung perkalian dengan benar..
-
WB latihan
|
-
Papan tulis
dan spidol.
-
Buku Pintar
Matematik.
-
Buku tulis
dan pensil
|
28 oktober 2016
1 Jam
|
Pembagian
|
-
Penerapan
berhitung dengan pembagian (:).
|
-
WB Menerapkan
bagaimana cara menghitung Pembagian dengan benar.
-
WB Latihan.
|
-
Papan tulis
dan spidol.
-
Buku Pintar
Matematika
-
Buku tulis
dan pensil
|
RENCANA
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nama Kelompok
Belajar : RINGIN ANOM
Topik Belajar : Mengenal Hitungan Persen, Mengenal Ukuran
Luas, dan Mengenal Ukuran Berat
Tanggal Pertemuan/waktu
|
Materi
|
Strategi Belajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Bahan dan media belajar
|
30 oktober 2016
1
Jam
|
Hitungan Persen (%)
|
-
Mengenal
Hitungan Persen (%).
-
Diskusi
tengang cara mencari persen (%)
|
-
Belajar
membaca, menulis dan menghitung yang ada hungungannya dengan persen (%).
-
Diskusi
tentang bagaimana cara mencari nilai persen dari suatu bilangan.
|
-
Buku
keaksaraan.
-
Papan tulis
dan spidol.
|
31 oktober 2016
1 Jam
|
Ukuran Luas
|
-
Diskusi
tentang ukuran luas.
-
Diskusi
tentang cara mencari ukuran luas.
|
-
Berdiskusi
tentang ukuran luas dan cara mencari ukuran luas yang ada hubungannya dengan
bangun ruang dan bangun datar
|
-
Buku
keaksaraan.
-
Gambar
|
2 november 2016
1 Jam
|
Ukuran Berat
|
-
Diskusi untuk
mencari ukuran berat.
|
-
Diskusi
bagaimana cara mencari ukuran berat suatu benda.
-
Warga belajar.
|
-
Buku
keaksraan
-
Plastik dan
air.
-
Timbangan
|
RENCANA
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nama
Kelompok Belajar : RINGIN ANOM
Topik Belajar : Mengenal macam-macam
kerajinan tangan, dan Waktu.
Tanggal Pertemuan/waktu
|
Materi
|
Strategi Belajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Bahan dan media belajar
|
4 november 2016
1 Jam
|
Kerajinan tangan
|
Membuat
daftar kerajinan tangan
|
-
Belajar
menulis dan membaca yang ada hubungannya dengan camilan ringan dari tempe
-
Warga belajar
latihan.
|
-
Buku tulis
dan bolpoin.
-
Buku panduan
membuat camilan ringan dari tempe
-
Penggaris
-
Gambar
kerajinan tangan.
|
6 november 2016
1 Jam
|
Cara Membuat Kripik tempe
|
Diskusi tentang cara membuat kripik tempe.
|
-
WB berdiskusi
tentang cara membuat kripik tempe.
-
Menulis,
membaca, dan menghitung bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kripik
tempe.
|
-
Papan Tulis
dan spidol
-
Buku tulis
dan bolpoin.
-
Buku panduan
membuat kripik Tempe
|
7 november 2016
1 Jam
|
Waktu
|
Membuat daftar kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan waktu
|
-
Belajar
Menulis dan membaca yang ada hubungannya dengan waktu (Shlat, bekerja,
istirahat).
-
Masing-masing
WB diberi kesempatan bercerita tentang kegiatannya sehari-hari.
|
-
Buku
keksaraan fungsional.
-
Jam dinding.
-
Buku tulis
dan bolpoin.
-
|
LAPORAN AKHIR KEGIATAN
PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL
Nama Mahasiswa :
DEFI SELFIA ANGGRAINI
N I M :
Pokma /Pokjar : Tegaldlimo
Alamat Pokjar :
Jl. Kalipait No. 82 Desa Tegaldlimo Kec. Tegaldlimo
Kabupaten Banyuwangi
Jumlah WB :
5 (lima) Orang
UPBJJ :
UT Jember
A. Kegiatan
pembelajaran yang dilaksanakan :
Pembelajaran Keaksaraan Fungsional.
B. Bahan
belajar, media dan sumber yang dipergunakan :
Modul keaksaraan fungsional, Kalender,
Kartu Angka, Kertas, batu, buku tulis, kardus, Lem, poster, bolpoin
C. Hambatan
dan Strategi mengatasi hambatan :
1. Hambatan
: Sulitnya mengumpulkan warga belajar karena aktivitas
warga belajar.
2. Strategi
mengatasi hambatan : Memberikan bingkisan atau hadiah bagi warga belajar
yang mau datang dan memanfaatkan media yang ada untuk memancing waraga
belajar agar giat mengikuti pembelajaran
D. Komentar
tentang kemajuan dan hasil belajar warga belajar
No.
|
Nama Warga Belajar
|
Komentar
|
1
2
3
4
5
|
JEMINEM
SUDIRO
SUTIYAH
SUTIYEM
MARSITO
|
Dapat membaca,
menulis, berhitung dengan baik.
Dapat membaca,
menulis dan berhitung dengan baik dan juga menjadi lebih
tahu tentang banyak hal.
Dapat membaca,
menulis, berhitung dengan baik
Dapat membaca,
menulis, berhitung dengan baik dan lancar
Dapat membaca,
menulis, berhitung dengan baik dan lancar
|
Mengetahui, Tegaldlimo,
09 Oktober 2016
Pengelola Pokjar Instruktur Mata
Kuliah
DrsSaean GIYONO,S.Pd .
M.Pd.
NIP. NIP.
FORMAT
CATATAN HARIAN TUTOR
Materi :
Pertemuan ke :
Tanggal :
Kegiatan
:
|
FORMAT
REKAPITULASI
PENILAIAN
KEMAMPUAN FUNGSIONAL
|
|||||||
Kelompok belajar : RINGIN ANOM
Alamat : Dsn. Ringin
anom 001/001 Desa : Wringinpitu,
Kecamatan : Tegaldlimo, Kab.
Banyuwangi
Tutor :
DEFI SELFIA ANGGRAINI
|
|||||||
NO
|
Ketrampilan
Calistung Dasar
|
Nomor Kode
Warga Belajar Sesuai Absensi
|
|||||
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
Jumlah
|
||
A.
DISKUSI
|
|||||||
1.
|
Dapat menjawab pertanyaan dari tutor.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Berani bertanya tentang materi diskusi.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Berani mengemukakan pendapatnya secara benar.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Dapat menyimpulkan materi sendiri tentang diskusi.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Dapat memunculkan ide bermanfaat dalam materi diskusi.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Dapat memimpin diskusi dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian :Jumlah kemampuan diskusi
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
MEMBACA
|
|||||||
1.
|
Biodata KTP
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kartu Keluaarga
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Formulir
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kalender
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Jadwal
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Resep Makanan
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Pengumuman
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Tulisan Orang lain
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Daftar Harga
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Iklan
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Pada Kemasan
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Petunjuk
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian : jumlah kemampuan membaca
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
|
|||||||
1.
|
Biodata diri
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Biodata anggota keluarga
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Formulir sederhana
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Surat sederhana
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Kegiatan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Resep makanan
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Karangan/ artikel/ pemberitahuan
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Petunjuk kegiatan ketrampilan sederhana
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian : Jumlah kemampuan menulis
|
|
|
|
|
|
|
|
D.
BERHITUNG
|
|||||||
1.
|
Mengisi kuitansi
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Membuat daftar belanja
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Mengukur takaran tepung, beras dan lain-lain
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Mengukur panjang kayu, kain dan lain-lain
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Menimbang barang dagangan
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Membuat pembukuan sederhana
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian : jumlah kemampuan berhitung
|
|
|
|
|
|
|
|
E.
AKSI/PENERAPAN
|
|||||||
1.
|
Dapat menyusun rencana usaha sendiri
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Dapat mengunjungi instansi/ lembaga untuk mencari informasi dan
pelayanan
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Dapat mengelola usaha sendiri dan membantu orang lain atau
kelompok
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Dapat bekerja sama dengan berusaha memasarkan hasil usaha
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Meminjan uang dari bank/lembaga keuangan lainnya
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian : jumlah kemampuan aksi / penerapan
|
|
|
|
|
|
|
Tegaldlimo, 17 November 2016
Mengetahui
Pengelola Tutor
Drs SAEAN GIYONO,S.Pd
. M.Pd
NIP.
NIP.
FORMAT
REKAPITULASI PENILAIAN HASIL BELAJAR WB
KELOMPOK BELAJAR : RINGIN ANOM
No
|
Nama Warga Belajar
|
Skor/Nilai
|
Tingkat keaksaraan
|
Keterangan
|
1.
|
JEMINEM
|
|
Lanjutan
|
Lancar membaca, menulis, berhitung
|
2.
|
SUDIRO
|
|
Lanjutan
|
Lancar membaca, menulis, berhitung
|
3.
|
SUTIYAH
|
|
Mandiri
|
Lancar membaca, menulis, berhitung
|
4.
|
SUTIYEM
|
|
Mandiri
|
Lancar membaca, menulis, berhitung
|
5.
|
MARSITO
|
|
Mandiri
|
Lancar membaca, menulis, berhitung
|
Tegaldlimo, 14 Oktober 2016
Tutor/Penguji
DEFI SELFIA ANGGRAINI
NIM :
IDENTITAS MAHASISWA
NAMA : DEFI SELFIA
ANGGRAINI
NIM :
PROGRAM
STUDI : SI- PGSD
POKJAR : TEGALDLIMO
Kab/Kota : BANYUWANGI
UPBJJ-UT : JEMBER
Tegaldlimo, 14 Oktober 2016
Pengisi data
DEFI SELFIA ANGGRAINI
NIM
:
PENUTUP
1.
KESIMPULAN
Praktik
pendidikan kemasyarakatan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam
menghadapi cara era globalisasi terutama kemampuan membaca, menulis, dan berhitung.
2.
SARAN
Sebaiknya
untuk program keaksaraan fungsional dapat dilaksanakan terus dan perlu adanya
perpustakaan tingkat desa, sehingga para warga belajar akan lebih mudah dalam
mencari referensi bacaan yang perlu untuk mengatasi persoalan dalam kehidupan
sehari-hari.
3.
HARAPAN
Diharapkan
antar pihak warga belajar dan pihak desa dapat saling bekerja sama dan terus
meningkatkan pengetahuan dibidang calistung, sehingga dapat meningkatkan sumber
daya manusia tersebut.
Untuk menambah
keterampilan , para warga belajar diharapkan mampu secara mandiri memperhatikan
keterampilan-keterampilan yang telah diajarkan oleh tutor, sehingga dapat
meningkatkan kreatifitas warga belajar tersebut.
MATRIKS KEGIATAN CALISTUNG
Topik Belajar
|
Sub Topik Diskusi
|
Topik Menulis
|
Topik Baca
|
Topik Hitung
|
Kegiatan Terapan
|
Bungkus kopi
Industri rumah
|
Membuat tas
Membuat kripik pisang
|
Kerajinan tangan
Cara membuat kripik pisang
|
Kerajinan
-
|
Menghitung jumlah bungkus kopi yang akan di buat
menjadi satu buah tas
Iris
pisang menjadi tipis sebelum di goreng
|
Cara membuat tas dari bahan bungkus kopi
1. Panaskan minyak goreng
2. Lalu masukkan pisang yang sudah di iris tipis
|
TERIMAKSIH SUDAH MEMBANTU
BalasHapus